Dunia Komunikasi

Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman
Kampus

KOMUNIKASI TERAPEUTIK TENAGA KESEHATAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN (Studi Kasus pada ibu hamil di Klinik dr. Nurul Karti Handayani, SpOG (K) Samarinda) (Gusti Devi Rizki Mahmudah)

Submitted by: Rizki Mahmudah, Gusti Devi
On: Oct 23, 2022 @ 6:11 AM
IP: 125.160.114.228

  • Judul artikel eJournal: KOMUNIKASI TERAPEUTIK TENAGA KESEHATAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN (Studi Kasus pada ibu hamil di Klinik dr. Nurul Karti Handayani, SpOG (K) Samarinda)
  • Pengarang (nama mhs): Gusti Devi Rizki Mahmudah
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Berkembangnya zaman perlu diperhatikan informasi yang dilakukan oleh tenaga kesehatan seputar kehamilan termasuk di Klinik dr.Nurul Karti Handayani, SpOG (K). Pentingnya melihat sisi komunikasi terapeutik yang terjadi pada ibu hamil guna mengurangi resiko kematian ibu hamil diakibatkan kurangnya pengetahuan pengelola stress selama hamil. Salah satu kelompok pasien yang perlu diperhatikan dalam hubungan komunikasi terapeutik perawat-pasien adalah para ibu dalam masa kehamilan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat sejauh mana komunikasi terapeutik tenaga kesehatan dalam meningkatkan kualitas pelayanan di Klinik dr.Nurul Karti Handayani, SpOG (K). Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan rancangan penelitian interaksi simbolik guna memahami lebih dalam komunikasi terapeutik tenaga kesehatan dalam meningkatkan kualitas pelayanan di Klinik tersebut. Hasil penelitian menunjukkan adanya ikatan antara tenaga kesehatan- pasien selama berkomunikasi membuat ketidakcanggungan saat berinteraksi. Pasien yang menerima pesan nyaman dan paham dengan pesan yang disampaikan. Pelayanan yang diberikan hampir memenuhi harapan pasien, mulai dari sikap, komunikasi hingga penyediaan fasilitas untuk kenyamanan pasien. Dalam hal ini komunikasi yang diterapkan mampu memenuhi harapan pasien dengan terciptanya kerja sama antar tenaga kesehatan-pasien.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Kata Kunci : Komunikasi terapeutik, Kualitas pelayanan, Tenaga kesehatan, Ibu h
  • NIM: 1602055059
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2016
  • Program Studi: Ilmu Komunikasi
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Lisda Sofia, S.Psi.,M.Psikolog dan Kadek Dristiana Dwivayani, S.Sos.,M.Med.Kom
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Komunikasi
  • Volume: 10
  • Nomor: 4
  • Tahun: 2022
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): JURNAL GUSTI DEVI FIX (10-23-22-06-11-49).docx (117 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): JURNAL GUSTI DEVI FIX (10-23-22-06-11-49).pdf (414 kB)

Print Friendly, PDF & Email