Komunikasi Interpersonal Antara Customer Service Virtual Plasa Dengan Pelanggan Sebagai Bentuk Media Komunikasi Dalam Melayani Keluhan Pelanggan Indihome PT. Telkom Indonesia Witel Samarinda (Onel Ramadani, Nurliah)
Submitted by: Ramadani, Onel
On: Apr 14, 2022 @ 3:33 AM
IP: 36.85.32.47
- Judul artikel eJournal: Komunikasi Interpersonal Antara Customer Service Virtual Plasa Dengan Pelanggan Sebagai Bentuk Media Komunikasi Dalam Melayani Keluhan Pelanggan Indihome PT. Telkom Indonesia Witel Samarinda
- Pengarang (nama mhs): Onel Ramadani, Nurliah
- Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana komunikasi interpersonal antara customer service Virtual Plasa dengan pelanggan dalam melayani keluhan pelanggan Indihome PT Telkom Indonesia Witel Samarinda. Juga memberi saran terutama kepada perusahaan yang bergerak pada industri teknologi komunikasi dan informasi. Fokus penelitian ini adalah komunikasi interpersonal antara customer service Virtual Plasa dengan pelanggan guna memberikan pelayanan prima yaitu keterbukaan, empati, sikap mendukung, sikap positif, dan kesetaraan. Jenis penelitian ini kualitatif, di mana Teknik analisis data menggunakan analisis data model interaktif. Customer service merupakan salah satu faktor penting dalam kegiatan pelayanan jasa dengan pelanggan pada media komunikasi Virtual Plasa. Customer service memberikan pelayanan dan berkomunikasi secara secara daring (realtime) dengan pelanggan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi interpesonal sangat dibutuhkan customer service Virtual Plasa dalam memberikan pelayanan ke pelanggan. Komunikasi interpersonal terjalin dengan baik antara customer service dengan pelanggan. Aspek-aspek keterbukaan, empati, sikap positif, dan sikap saling mendukung terbentuk dengan efektif. Virtual Plasa sebagai media komunikasi bulan Oktober 2021 total 1093 panggilan terdapat 769 panggilan masuk mencari informasi, 274 panggilan melaporkan gangguan. Terakhir 51 panggilan pengajukan pemasangan baru Indihome. Dengan rincian pelanggan memberi rating 5 ada 580 pelanggan, rating 4 ada 106 pelanggan, rating 3 ada 12 orang, rating 2 ada 5 orang, rating 1 ada 15 orang dan ada 375 pelanggan tidak memberikan rating. Dalam hal penyampaian keluhan gangguan melalui Virtual Plasa masih kalah populer dari aplikasi myIndihome/147. Total ada 854 tiket gangguan pelanggan yang melaporkan keluhannya dari aplikasi myIndihome/147 pada bulan oktober 2021.
- Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Komunikasi Interpesonal, Kiat Pelayanan Prima, Keluhan Pelanggan, Customer Servi
- NIM: 1402055004
- Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2014
- Program Studi: Ilmu Komunikasi
- Sumber tulisan: Skripsi
- Pembimbing: Nurliah, S.Sos, M.I.Kom
- Nama eJournal: eJournal Ilmu Komunikasi
- Volume: 10
- Nomor: 2
- Tahun: 2022
- File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): ejournal ilkom onel ramadani (04-14-22-03-33-57).docx (54 kB)
- File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): ejournal ilkom onel ramadani (04-14-22-03-33-57).pdf (179 kB)