Dunia Komunikasi

Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman
Kampus

Pola Komunikasi Organisasi Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan di Kantor Kecamatan Long Iram Kabupaten Kutai Barat (Dwi Indah Astuti, Bambang Irawan, Annisa Wahyuni Arsyad)

Submitted by: Astuti, Dwi Indah
On: Mar 14, 2022 @ 4:22 AM
IP: 36.85.5.236

  • Judul artikel eJournal: Pola Komunikasi Organisasi Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan di Kantor Kecamatan Long Iram Kabupaten Kutai Barat
  • Pengarang (nama mhs): Dwi Indah Astuti, Bambang Irawan, Annisa Wahyuni Arsyad
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pola komunikasi organisasi yang ada di Kantor Kecamatan Long Iram dalam meningkatkan kualitas pada pelayanannya. Serta untuk menganalisis dan juga mendeskripsikan pelaksanaan komunikasi organisasi serta untuk mengetahui apa saja factor pendukung dan juga penghambat dalam meningkatkan kualitas pelayanan yang ada di Kantor Kecamatan Long Iram. Metode penelitian deskriptif kualitatif dengan Teknik analisis dari Miles dan Huberman. Lokasi penelitian di kantor Kecamatan Long Iram. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Narasumber penelitian sebanyak 7 (tujuh) dengan menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pola komunikasi organisasi telah diterapkan oleh Kantor Kecamatan Long Iram. Penerapan komunikasi dari atas ke bawah terlihat dalam penyebaran informasi kebutuhan pegawai kantor kecamatan dalam rangka mencapai tujuan organisasi. Pada komunikasi dari bawah ke atas diterapkan dalam penyampaian hasil pekerjaan para pegawai. Namun, terdapat kendala yang sering terjadi yakni waktu bertemu yang tidak tepat sehingga menyebabkan terhambatnya penyelesaian pekerjaan. Pelaksanaan komunikasi horizontal terlihat pada pelaksanaan pekerjaan, koordinasi, rapat, diskusi di kantor Kecamatan Long Iram. Pada komunikasi diagonal diterapkan dalam diskusi pekerjaan antar satu divisi dengan divisi lain.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Komunikasi Organisasi, Kantor Kecamatan, Kualitas Pelayanan
  • NIM: 1402055137
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2014
  • Program Studi: Ilmu Komunikasi
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Dr. Bambang Irawan, S.Sos.,M.Si dan Annisa Wahyuni Arsyad,S.IP.,M.M
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Komunikasi
  • Volume: 10
  • Nomor: 2
  • Tahun: 2022
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): ejournal Ilkom Dwi Indah (03-14-22-04-22-17).doc (125 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): skl_ilkom_ejournal_dwi_indah_2014 (03-14-22-04-22-17).pdf (488 kB)