Dunia Komunikasi

Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman
Kampus

ANALISIS SEMIOTIKA REPRESENTASI KECANTIKAN PADA IKLAN PANTENE TOTAL DAMAGE CARE 10 VERSI RALINE SHAH DI MEDIA TELEVISI (Christiyani Martha Sebayang)

Submitted by: ,
On: Jun 5, 2017 @ 2:24 AM
IP: 36.82.231.48

  • Judul artikel eJournal: ANALISIS SEMIOTIKA REPRESENTASI KECANTIKAN PADA IKLAN PANTENE TOTAL DAMAGE CARE 10 VERSI RALINE SHAH DI MEDIA TELEVISI
  • Pengarang (nama mhs): Christiyani Martha Sebayang
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Christiyani Martha S, 1102055037, Analisis Semiotika Representasi Kecantikan Pada Iklan Televisi Pantene Total Damage Care 10 Versi Raline Shah Di Media Televisi, dibawah bimbingan Dr.H.Abdullah Karim,M.S selaku dosen pembimbing I dan Drs.Badaruddin Nasir,M.Si selaku dosen pembimbing II program studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman. Tujuan Penelitian skripsi ini Untuk mengetahui, mendiskripsikan, dan menganalisis secara keseluruhan mengenai kecantikan dalam iklan Pantene Total Damage Care 10 versi Raline Shah sebagai model iklannya dan mengidentifikasi tanda-tanda kecantikan melalui ikon, indeks, dan simbol yang terdapat dalam iklan dengan model semiotik Charles S. Pierce. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode penelitian kualitatif-interpretatif (interpretation), yaitu metode yang memfokuskan dirinya pada tanda dan teks sebagai objek kajiannya, serta bagaimana peneliti menafsirkan kode (decoding) dibalik tanda dan teks tersebut , mengenai representasi tanda-tanda maskulinitas dalam iklan televisi Pantene Total Damage Care 10 versi Raline Shah. Data dikumpulkan melalui buku teks, referensi yang ada hubungannya dengan penulisan ini, observasi, dan mengunduh video (download) dari internet. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, representasi kecantikan dalam iklan Pantene Total Damage Care 10 versi Raline Shah terdapat 19 tanda ikon, 5 tanda indeks, dan 12 tanda simbol. Pada tanda tipe ikon, indeks, dan simbol kecantikan salah satunya direpresentasikan melalui sosok Raline Shah, kondisi rambut, serta berupa suara narator dari iklan Pantene.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Semiotika, Charles S. Peirce, Kecantikan, Representasi, Iklan Pantene Total Dama
  • NIM: 1103055037
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2011
  • Program Studi: Ilmu Komunikasi
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Dr.H.Abdullah Karim,M.S dan Drs.Badaruddin Nasir,M.Si
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Komunikasi
  • Volume: 5
  • Nomor: 2
  • Tahun: 2017
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): JURNAL (06-05-17-02-24-09).docx (42 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): JURNAL (06-05-17-02-24-09).pdf (84 kB)