Dunia Komunikasi

Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman
Kampus

PERSEPSI MASYARAKAT TANA PASER TERHADAP WARNA UNGU SEBAGAI IDENTITAS DAERAH KABUPATEN PASER (Rudi Sulistyo)

Submitted by: ,
On: Feb 24, 2017 @ 7:55 AM
IP: 61.94.86.196

  • Judul artikel eJournal: PERSEPSI MASYARAKAT TANA PASER TERHADAP WARNA UNGU SEBAGAI IDENTITAS DAERAH KABUPATEN PASER
  • Pengarang (nama mhs): Rudi Sulistyo
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Untuk mengetahui, mendeskripsikan dan juga menganalisa persepsi masyarakat Tana Paser tentang warna ungu sebagai identitas daerah Kabupaten Paser serta faktor apa saja yang mempengaruhi persepsi masyarakat Tana Paser yang menimbulkan perbedaan persepsi tentang warna ungu sebagai identitas daerah Kabupaten Paser. Tipe penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan yang meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. serta dalam memilih narasumber menggunakan teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, diketahui bahwa masyarakat Tana Paser yang terbagi menjadi pro dan juga kontra disebabkan oleh variabel yang berbeda-beda pada diri mereka terhadap kebijakan Perbup No. 48 Tahun 2013. Sesuai dengan fokus penelitian yang diambil yaitu sensasi, atensi, dan interpretasi, ketiga hal tersebut mempengaruhi dalam terbentuknya persepsi masyarakat pada Tana Paser. Proses kognitif mempengaruhi terciptanya suatu persepsi dan akhirnya melahirkan tindakan yang akan diambil oleh suatu individu. Dalam proses kognitif yang dilakukan suatu individu tersebut dalam pengambilan atau penangkapan sebuah informasi dapat berasal dari variabel struktural maupun dari variabel fungsional, perbedaan inilah yang membuat perbedaan setiap rangsangan yang diterima oleh masing-masing individu. Lalu dalam hasil persepsi yang sudah didapat, ada hal yang menimbulkan disonansi maupun hal yang menimbulkan konsonansi sesuai dengan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi tingkat disonansi suatu individu tersebut terhadap kebijakan Perbup No. 48 Tahun 2013 pada masyarakat Tana Paser.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): persepsi, city branding, identitas daerah
  • NIM: 1102055035
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2011
  • Program Studi: Ilmu Komunikasi
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Hj. Hairunnisa, S.sos, MM dan Annisa W. Arsyad, S.IP., M.M
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Komunikasi
  • Volume: 5
  • Nomor: 1
  • Tahun: 2017
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): Jurnal (02-24-17-07-55-40).docx (39 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): Jurnal (02-24-17-07-55-40).pdf (405 kB)