STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN SURAT KABAR HARIAN KALTIM POST DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN DI KOTA SAMARINDA (Anggun Pratama Setya)
Submitted by: ,
On: Feb 24, 2017 @ 7:43 AM
IP: 61.94.86.196
- Judul artikel eJournal: STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN SURAT KABAR HARIAN KALTIM POST DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN DI KOTA SAMARINDA
- Pengarang (nama mhs): Anggun Pratama Setya
- Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Anggun Pratama Setya, 1102055025, Strategi Komunikasi Pemasaran surat kabar Kaltim Post dalam menghadapi persaingan di Kota Samarinda, dibawah bimbingan Adietya Arie Hetami. Sos., M. AB selaku dosen pembimbing I dan Nurliah, S. Sos. M.I.Kom selaku dosen pembimbing II, program studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana komunikasi pemasaran yang dilakukan Kaltim Post dalam menghadapi persaingan di Kota Samarinda. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Tujuan dari penelitian deskriptif membuat deskripsi, gambaran atau lukisan secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta – fakta, sifat – sifat serta hubungan antar fenomena yang diselidiki. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan penelitian lapangan. Strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan Kaltim Post sudah sangat baik dengan mempertahankan eksistensinya dan bersaing dengan kompotitor lain di Kota Samarinda dalam merebut pangsa pasar. Menggunakan bauran pemasaran (product, price, place, promotion) dalam melakukan strategi komunikasi pemasaran membuat surat kabar Kaltim Post masih terus ada sampai sekarang. Bedasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat diketahui product yang di buat Kaltim Post sudah sangat baik dan memenuhi standar, price yang diberikan ke konsumen sudah sesuai dengan kualitas yang diberikan, Place pemasaran ada di berbagai tempat mulai dari kios – kios, pinggir jalan, sekolah, universitas, perusahaan, dll, Promotion yang dilakukan Kaltim Post sangat menarik mulai dari workshop, event – evenrt, jejaring sosial, serta undian – undian untuk menambah loyalitas konsumen terhadap Kaltim Post.
- Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Strategi Komunikasi Pemasaran, Persaingan, Kaltim Post
- NIM: 1102055025
- Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2011
- Program Studi: Ilmu Komunikasi
- Sumber tulisan: Skripsi
- Pembimbing: Adietya Arie Hetami. Sos., M. AB dan Nurliah, S. Sos. M.I.Kom
- Nama eJournal: eJournal Ilmu Komunikasi
- Volume: 5
- Nomor: 1
- Tahun: 2017
- File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): Jurnal (02-24-17-07-43-08).doc (118 kB)
- File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): Jurnal (02-24-17-07-43-08).pdf (284 kB)