Dunia Komunikasi

Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman
Kampus

STRATEGI KOMUNIKASI DINAS KELAUTAN DAN PERIKANAN DALAM MENSOSIALISASIKAN GERAKAN MEMASYARAKATKAN MAKAN IKAN DIKOTA SAMRINDA (KEIVIN)

Submitted by: ,
On: Feb 27, 2017 @ 2:18 AM
IP: 61.5.110.50

  • Judul artikel eJournal: STRATEGI KOMUNIKASI DINAS KELAUTAN DAN PERIKANAN DALAM MENSOSIALISASIKAN GERAKAN MEMASYARAKATKAN MAKAN IKAN DIKOTA SAMRINDA
  • Pengarang (nama mhs): KEIVIN
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): ABSTRAK Keivin, “Strategi Komunikasi Dinas Kelautan Dan Perikanan Dalam Mensosialisasikan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan Di Kota Samarinda”, di bawah bimbingan Bapak Dr.Erwiyantono, M.Si selaku dosen pembimbing I dan ibu Inda Fitryarini, S.Sos., M.Si selaku dosen pembimbing II, Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis strategi yang digunakan Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Samarinda dalam mensosialisasikan gerakan memasyarakatkan makan ikan dan mendiskripsikan serta menganalisis Strategi Komunikasi Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Samarinda dalam mensosialisasikan gerakan memasyarakatkan makan ikan. Pengumpulan data dilakukan melalui penelitian lapangan yang meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Narasumber dari penelitian ini adalah Bidang Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan (P2HP) dan Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Ketua Program Kerja III . Data-data yang dikumpulkan kemudian dideskripsikan dan dianalisis menggunakan analisis data interaktif. Hasil penelitian ini menunjukan strategi yang digunakan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Samarinda adalah dengan menggunakan difusi inovasi yang dimana ada lima tahap dalam upaya perubahan seseorang untuk mengadopsi suatu perilaku yang baru yaitu Knowledge (pengetahuan), Persuasion (persuasi), Decision (keputusan), Implementation (pelaksanaan), dan Confirmation (konfirmasi) kemudian Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Samarinda mengadakan Seminar Pentingnya Mengkonsumsi Ikan serta Pemanfaatan Media (Internet, Spanduk, Poster, Pameran).
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Strategi Komunikasi, Sosialisasi, Memasyrakatkan Makan Ikan.
  • NIM: 1102055210
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2011
  • Program Studi: Ilmu Komunikasi
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Dr.Erwiantono, M.Si dan Inda Fitryarini, S.Sos. M.Si
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Komunikasi
  • Volume: 5
  • Nomor: 1
  • Tahun: 2017
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): Jurnal kevin baru (02-27-17-02-18-56).doc (103 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): Jurnal kevin baru 2 (02-27-17-02-18-56).pdf (239 kB)