Analisis Semiotika Pesan Sosial dalam Video “Takotak Miskumis” di Youtube (Siti Kholifah)
Submitted by: ,
On: Aug 23, 2014 @ 3:08 AM
IP: 192.168.10.114, 192.168.0.1
- Judul artikel eJournal: Analisis Semiotika Pesan Sosial dalam Video “Takotak Miskumis” di Youtube
- Pengarang (nama mhs): Siti Kholifah
- Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Artikel ini berisi tentang Pesan Sosial dalam video “Takotak Miskumis” di Youtube. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan makna yang terkandung dalam video “Takotak Miskumis” di Youtube dengan mengidentifikasi makna pesan yang terdapat dalam video tersebut dengan menggunakan analisis semiotika dengan fokus penelitian adalah komunikasi non verbal yang digunakan Video “Takotak miskumis” di Youtube yang terkait Isu SARA yang meliputi pesan kinesik dan pesan artifaktual yang selanjutnya diolah dengan konsep segitiga makna Peirce yang diklasifikasikan menjadi 3 bagian yaitu Tanda (Sign), Acuan Tanda (Object), dan Pengguna Tanda (Interpretant). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam video “takotak miskumis” di Youtube tersebut mengkomunikasikan pesannya melalui pesan kinesik dan pesan artifaktual yang mendukung penyampaian pesan sosial untuk para audiencenya. Dalam video ini terdapat makna pesan sosial yang dimana pembuat ingin menyampaikan bahwa masyarakat jangan ikut terpengaruh dalam isu SARA yang berkembang selama masa kampanye pilkada DKI Jakarta tahun 2012.
- Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Analisis Semiotika, Video, Youtube, Pesan Sosial
- NIM: 1002055075
- Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2010
- Program Studi: Ilmu Komunikasi
- Sumber tulisan: Skripsi
- Pembimbing: Ibu Rita Kalalinggi, M.Si (Pembimbing 1), Ibu Nurliah, S.Sos.,M.I.Kom (Pembimbing 2 )
- Nama eJournal: eJournal Ilmu Komunikasi
- Volume: 2
- Nomor: 3
- Tahun: 2014
- File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): artikel_ejournal (08-23-14-03-08-40).docx (517 kB)
- File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): artikel pdf_ejournal (08-23-14-03-08-40).pdf (170 kB)