ANALISIS SEMIOTIKA MAKNA PESAN MORAL DALAM IKLAN SAMPOERNA VERSI “ORANG PEMIMPI” DI TELEVISI (M. Zemi Azhari)
Submitted by: ,
On: Aug 23, 2014 @ 2:07 AM
IP: 180.248.91.136
- Judul artikel eJournal: ANALISIS SEMIOTIKA MAKNA PESAN MORAL DALAM IKLAN SAMPOERNA VERSI “ORANG PEMIMPI” DI TELEVISI
- Pengarang (nama mhs): M. Zemi Azhari
- Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Artikel ini bertujuan untuk mengetahui makna isi pesan dalam sebuah mimpi dan mengidentifikasi tanda-tanda Non Verbal yang terdapat dalam Iklan Sampoerna Mild versi “Sang Pemimpi” di televisi yang mencakup unsur tanda Non Verbal pesan fasial,gestural dan postural dalam iklan tersebut serta menjelaskan makna pesan yang terkandung didalamnya.Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi dan studi pustaka, serta referensi yang berkaitan dengan penelitian. Teknik analisis yang digunakan adalah Analisis semiotika oleh Charles Sander Pierse.Hasil Penelitian ini ialah iklan Sampoerna Mild versi sang pemimpi dimedia televisi menginterpretasikan unsur makna moral didalamnya yang dimana tanda-tanda tersebut mempunyai makna-makna tersendiri yang mewakili konsep komunikasi dalam iklan tersebut. Konsep yang diangkat mengenai seorang pemuda yang terjebak dalam mimpinya dan di dalam mimpi tersebut banyak kejadian – kejadian menakjubkan yang kemudian saat pemuda tersebut terbangun dari mimpinya , kejadian – kejadian tersebut berubah menjadi nyata di dunia nyata . Iklan Sampoerna Mild diharapkan dapat memberikan inspirasi yang dimana dibalik mengiklamkan produknya, Sampoerna Mild juga dapat memberikan pesan-pesan sosial yang dapat membangun sehingga dapat di terima oleh masyarakat umum
- Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Pesan Moral, Analisis Semiotika, Iklan Sampoerna Mild Versi Sang Pemimpi
- NIM: 0902055087
- Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2009
- Program Studi: Ilmu Komunikasi
- Sumber tulisan: Skripsi
- Pembimbing: Inda Fitryarini, S.Sos.,M.Si & Adietya Arie Hetami. S.Sos.,M.AB
- Nama eJournal: eJournal Ilmu Komunikasi
- Volume: 2
- Nomor: 3
- Tahun: 2014
- File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): eJOURNAL Jimmy Azhari (08-23-14-02-07-30).docx (45 kB)
- File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): eJOURNAL Jimmy Azhari (08-23-14-02-07-30).pdf (506 kB)