Dunia Komunikasi

Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman
Kampus

PENERAPAN E-COMMERCE DALAM PROSES KOMUNIKASI PEMASARAN DI TOKO EAST KALIMANTAN CENTER SAMARINDA (Gita Jayanti)

Submitted by: jayanti, gita
On: Aug 22, 2014 @ 2:04 AM
IP: 36.82.212.98

  • Judul artikel eJournal: PENERAPAN E-COMMERCE DALAM PROSES KOMUNIKASI PEMASARAN DI TOKO EAST KALIMANTAN CENTER SAMARINDA
  • Pengarang (nama mhs): Gita Jayanti
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Artikel ini membahas mengenai Penerapan E-commerce Dalam Komunikasi Pemasaran di Toko East Kalimantan Center Samarinda. Penelitian dilaksanakan pada bulan Mei sampai Juni 2014 di toko East Kalimantan Center Samarinda dengan mewawancarai pemilik toko dan karyawan toko dibidang pemasaran online. Penelitian ini menggunakan analisis data model interaktif Milis dan Huberman. penerapan e-commerce dalam proses komunikasi pemasaran pada toko East Kalimantan Center di Samarinda adalah masih belum baik dan masih memiliki kekurangan dalam melayani konsumen. Menggunakan e-commerce produk yang ditawarkan oleh East Kalimantan Center dapat dikenal oleh masyarakat Samarinda dan melebar keluar daerah Samarinda. Toko East Kalimantan Center perlahan – lahan dapat memperkenalkan produk oleh – oleh khas Kalimantan ke seluruh Indonesia. Dengan menggunakan e-commerce dalam proses komunikasi pemasaran pemilik toko dapat menghemat waktu untuk mempromosikan produknya. Dalam waktu yang singkat dan bersamaan informasi tentang produk bisa dinikmati oleh seluruh pengguna internet. Media sosial yang digunakan dalam proses komunikasi pemasaran adalah Twitter, Facebook, Foursquare, email, blackberry messenger, Instagram dan Blog. Dalam proses mempromosikan produk dengan menggunakan e-commerce juga masih memiliki kendala yang harus diperbaiki agar pelayanan terhadap konsumen menjadi lebih baik dan mendapatkan konsumen lebih banyak baik dari dalam negeri maupun luar negeri dan semakin banyak konsumen yang melakukan online shoping. Kendala – kendalanya seperti kurangnya sumber daya manusia (SDM) yang mengerti tentang internet, karyawan masih bekerja dengan memegang dua bagian online dan non online. Dengan adanya penelitian ini, diharapkan dapat meningkatkan dan memperbaiki penerapan e-commerce dalam komunikasi pemasaran di toko east kalimantan center. Hasil ini menunjukkan bahwa penerepan e-commerce dalam komunikasi pemasaran di toko East Kalimantan Center belum baik.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Penerapan e-commerce, Komunikasi pemasaran, online
  • NIM: 0902055145
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2009
  • Program Studi: Ilmu Komunikasi
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Diah Rahayu, S.Psi., M.Si, Annisa Wahyuni Arsyad, S.IP., M.M
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Komunikasi
  • Volume: 2
  • Nomor: 3
  • Tahun: 2014
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): ejournal gita jayanti (08-22-14-02-04-13).docx (38 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): ejournal gita jayanti (08-22-14-02-04-13).pdf (171 kB)