Dunia Komunikasi

Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman
Kampus

STRATEGI PROMOSI PERTAMAX PT. PERTAMINA UPMS VI BALIKPAPAN DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS PELANGGAN (Kristina Kusnawati Wahyuningtyas)

Submitted by: Kusnawati Wahyuningtyas, Kristina
On: Nov 13, 2013 @ 5:38 AM
IP: 103.10.67.23

  • Judul artikel eJournal: STRATEGI PROMOSI PERTAMAX PT. PERTAMINA UPMS VI BALIKPAPAN DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS PELANGGAN
  • Pengarang (nama mhs): Kristina Kusnawati Wahyuningtyas
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Artikel ini menyoroti tentang strategi promosi pertamax PT. Pertamina UPMS VI Balikpapan dalam meningkatkan loyalitas pelanggan. Promosi itu sendiri adalah kegiatan untuk menyampaikan informasi, berkomunikasi dan meyakinkan masyarakat terhadap sesuatu. Adanya permasalahan kenaikan harga pada bahan bakar minyak subsidi misalnya, mengakibatkan menipisnya persediaan subsidi oleh pemerintah menipis serta adanya peraturan tentang kebijakan pembatasan BBM subsidi oleh pemerintah dapat menjadi salah satu jalan bagi Pertamina dalam mempromosikan dan meyakinkan masyarakat untuk menggunakan produk bahan bakar andalannya yaitu Pertamax. Dengan melihat kondisi persaingan pasar bahan bakar yang rendah di Balikpapan diharapkan dalam membujuk dan meyakinkan masyarakat agar dapat beralih menggunakan produknya serta mempertahankan pelanggannya dapat menjadi salah satu faktor pendukung bagi PT. Pertamina UPMS VI . Artikel ini memfokuskan pada strategi promosi yang terdapat dalam bauran promosi yaitu periklanan, promosi penjualan, dan hubungan masyarakat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi promosi yang digunakan pada periklanan, promosi penjualan, dan hubungan masyarakat berhasil meyakinkan konsumennya untuk tetap loyal pada produk pertamax dimana konsumen menyatakan kepuasan dan keinginannya untuk tetap loyal pada produk melalui evaluasi yang dilakukan.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Promosi, Pertamax, Periklanan, Promosi penjualan, Hubungan masyarakat
  • NIM: 0902055072
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2009
  • Program Studi: Ilmu Komunikasi
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Dra. Rosa Anggraeiny, M.Si dan Nurliah, S.Sos., M.Ikom
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Komunikasi
  • Volume: 1
  • Nomor: 4
  • Tahun: 2013
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): jurnal edit (11-13-13-05-38-38).doc (123 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): jurnal edit (11-13-13-05-38-38).pdf (310 kB)