Dunia Komunikasi

Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman
Kampus

Analisis Semiotika Representasi Kebudayaan Indonesia Dalam Iklan Kuku Bima Versi Flores, Nusa Tenggara Timur Di Media Televisi (Andreas Stenly Kolly)

Submitted by: stenly, andreas
On: Oct 29, 2013 @ 3:19 AM
IP: 202.67.39.19

  • Judul artikel eJournal: Analisis Semiotika Representasi Kebudayaan Indonesia Dalam Iklan Kuku Bima Versi Flores, Nusa Tenggara Timur Di Media Televisi
  • Pengarang (nama mhs): Andreas Stenly Kolly
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Artikel ini berisi tentang representasi kebudayaan indonesia dalam iklan Kuku Bima Energi versi Flores, Nusa Tenggara Timur di media televisi. Unsur-unsur kebudayaan yang menjadi komponen penelitian diteliti melaluitanda-tanda dalam iklan tersebut yang mencakup unsur audio dan visual. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif interpretatif dengan pendekatan semiotika Charles S. Peirce untuk menganalisis dan menginterpretasi data berupa tanda-tanda dalam iklan. Dalam tahap penelitian, penulis mengklasifikasi dan mengindentifikasi tiap-tiap adegan dalam iklan tersebut, kemudian menginterpretasikannya menggunakan Teori Segitiga Makna Charles Sanders Peirce, yaitu Sign (tanda), Object (objek), Interpretant (Interpretasi) dengan fokus Ikon, Indeks, Simbol. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa iklan Kuku Bima Energi versi Flores, Nusa Tenggara Timur menampilkan representasi kebudayaan Indonesia melalui beberapa adegan yang memperlihatkan kebudayaan dari daerah Flores . PT. SidoMuncul melalui Iklan Kuku Bima Energi versi Flores, Nusa Tenggara Timur mencoba menampilkan beberapa kebudayaan Indonesia, yaitu kebudayaan Flores, Nusa Tenggara Timur dengan konsep iklan yang bertemakan pariwisata di Indonesia. PT. SidoMuncul melalui iklan tersebut berusaha mengajak penonton dan masyarakat Indonesia agar lebih menghargai pariwisata yang ada di Indonesia, khususnya kebudayaan yang dimiliki setiap daerah. Kebudayaan Indonesia merupakan warisan leluhur dan kekayaan yang tidak ternilai harganya yang pernah dimilik Indonesia oleh karena itu masyarakat Indonesia wajib menjaga dan melestarikannya.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Representasi Kebudayaan Indonesia, Analisis Semiotika, Iklan Kuku Bima Energi Ve
  • NIM: 0902055059
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2009
  • Program Studi: Ilmu Komunikasi
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Silviana Purwanti, S.Sos., M.Si, & Dra Lisber Situmorang, M.Si
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Komunikasi
  • Volume: 1
  • Nomor: 4
  • Tahun: 2013
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): eJournal Andreas (10-29-13-03-19-08).docx (235 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): eJournal Andreas (10-29-13-03-19-08).pdf (387 kB)