Dunia Komunikasi

Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman
Kampus

STEREOTIPE PEREMPUAN DALAM IKLAN TELEVISI: STUDY SEMIOTIKA IKLAN GENERASI-BERENCANA BKKBN VERSI VIDEO LIPSYNC (Susanah Maibarokah)

Submitted by: Maibarokah, Susanah
On: Sep 5, 2013 @ 7:45 AM
IP: 110.136.207.235

  • Judul artikel eJournal: STEREOTIPE PEREMPUAN DALAM IKLAN TELEVISI: STUDY SEMIOTIKA IKLAN GENERASI-BERENCANA BKKBN VERSI VIDEO LIPSYNC
  • Pengarang (nama mhs): Susanah Maibarokah
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengambarkan bagaimana stereotipe perempuan dalam iklan televisi Generasi-Berencana BKKBN dengan mengidentifikasi tanda-tanda yang digunakan dalam iklan tersebut. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis semiotik, semiotik merupakan cara atau metode untuk menganalisis dan memberikan makna-makna dan lambang-lambang yang terdapat pada suatu paket lambang-lambang pesan atau teks. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah rekaman yang diperoleh dari situs youtube tayangan Iklan Televisi Generasi-Berencana versi Video Lipsync. Dari hasil penelitian menujukkan bahwa iklan Generasi-Berencana memuat stereotipe perempuan, iklan ini mengukuhkan nilai tradisional terutama pada diri perempuan yang terlihat dari penampilan fisik, karakter dan pekerjaan baik yang bersifat positif maupun negatif. Adapun Stereotipe perempuan yang bersifat positif seperti (1)Perempuan bersifat keibuan hal tersebut nampak setia menemani anak-anaknya bermain, (2)Penampilan perempuan dalam iklan terlihat feminin, yang secara fisik cantik dengan rambut panjang, (3)Citra perempuan terampil dalam menggemban tugas-tugas keluarga (menyapu, memasak, menjaga anak, melayani suami) yang merujuk pada pekerjaanya berada di wilayah domestik. Sedangkan Stereotipe perempuan yang bersifat negatif yaitu (1) Bahwa secara psikologis perempuan lebih emosional marah dan bingung, (2) perempuan tidak dapat mengatasi problema dalam yang rumah tangga, (3) anak perempuan selalu menangis jika menginginkan sesuatu.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Iklan Televisi, Semiotika, Stereotipe Perempuan
  • NIM: 0702055018
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2007
  • Program Studi: Ilmu Komunikasi
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Drs.H.Abdullah Karim, M.S & Inda Fitryarini, S.Sos., M.Si
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Komunikasi
  • Volume: 1
  • Nomor: 3
  • Tahun: 2013
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): ejournal_ganjil (09-05-13-07-45-21).doc (881 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): ejournal_ganjil (09-05-13-07-45-21).pdf (330 kB)

Print Friendly, PDF & Email