Dunia Komunikasi

Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman
Kampus

Komunikasi Pemasaran Brand Lokal Jukut Melalui Instagram Dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan (Muhammad Fajar Saputra)

Submitted by: Saputra, Muhammad Fajar
On: Mar 18, 2024 @ 2:20 PM
IP: 182.3.139.179

  • Judul artikel eJournal: Komunikasi Pemasaran Brand Lokal Jukut Melalui Instagram Dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan
  • Pengarang (nama mhs): Muhammad Fajar Saputra
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis komunikasi pemasaran brand lokal Jukut dalam meningkatkan loyalitas pelanggan pada media sosial Instagram. Jenis penelitian yang dilakukan dengan deskriptif kualitatif. Fokus penelitian terdiri dari periklanan, promosi penjualan,humas dan publikasi ,penjualan pribadi, dan pemasaran langsung. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara teknik analisis data model interaktif. Penelitian lapangan dengan cara observasi,wawancara, dan dokumentasi,Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa, komunikasi pemasaran Jukut melalui Instagram untuk meningkatkan loyalitas pelanggan dari indikator menggunakan teori bauran pemasaran. Karena cara untuk memasarkan kepada Instagram sangat fleksibel untuk diterima sasaran manapun. salah satu bentuk komunikasi pemasaran digital adalah dorongan kepada para pemilik usaha jika UMKM ingin tetap berjalan usahanya memanfaatkan media sosial sebagai sarana untuk mempromosikan produk. Dengan analisis teori AIDA Jukut kepada loyalitas pelanggan yaitu perhatian ini para pemilik usaha mengambil simpati masyarakat agar mau menggunakan produk yang ingin dipromosikan dan minat pengguna agar dapat produknya diminati maka membuat keinginan informan melalui promosi yang ingin disampaikan pada unggahan akun Instagram. Tindakan komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Jukut dalam akun Instagram telah berhasil membuat informan untuk tertarik membeli produk dan jasa dari Jukut tersebut.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Komunikasi, Pemasaran, Jukut, Loyalitas Pelanggan, Instagram
  • NIM: 1802055034
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2018
  • Program Studi: Ilmu Komunikasi
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Kadek Distriana Dwivayani, S.Sos, M.Med.Kom
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Komunikasi
  • Volume: 12
  • Nomor: 3
  • Tahun: 2024
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): Jurnal Muhammad Fajar Saputra 1802055034 Uploud (03-18-24-02-20-16).docx (49 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): Jurnal Muhammad Fajar Saputra 1802055034 Uploud (03-18-24-02-20-16).pdf (276 kB)