Dunia Komunikasi

Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman
Kampus

STRATEGI KOMUNIKASI DALAM MENGELOLA DISTRIBUTOR TIENS PASCA PANDEMI COVID-19 DI SAMARINDA (Studi pada pusat distributor resmi Stokist 729 Samarinda) (Valina Tri Wati)

Submitted by: ,
On: Mar 18, 2024 @ 5:19 AM
IP: 182.253.164.244

  • Judul artikel eJournal: STRATEGI KOMUNIKASI DALAM MENGELOLA DISTRIBUTOR TIENS PASCA PANDEMI COVID-19 DI SAMARINDA (Studi pada pusat distributor resmi Stokist 729 Samarinda)
  • Pengarang (nama mhs): Valina Tri Wati
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Pasca pandemi merupakan sebuah hal yang berat bagi semua sektor baik, Pendidikan, wisata, maupun ekonomi untuk Kembali pulih. Bisnis pemasar berjaring yang dijalankan oleh manusia ikut terkena dampak dari maraknya pandemi berlangsung. Tiens Samarinda di Stokist 729 mengalami penurunan jumlah anggota distributor dari pandemi hingga pasca pandemi saat ini. Stokist Tiens 729 Samarinda berusaha untuk kembali pulih dari keadaan pasca pandemi untuk mempertahankan anggota distributor dengan menjalankan strategi komunikasi untuk mengelola anggota, menambah anggota, dan mempertahankan anggota distributor. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yakni teori informasi organisasi dengan fokus penelitian 5 tahap strategi komunikasi yaitu penelitian, perencanaan, pelaksanaan, evaluasi serta pelaporan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan Teknik purposive sampling yang bertujuan untuk menganalisis serta mendeskripsikan bagaimana strategi komunikasi yang dilakukan oleh Tiens di Stokist 729 Samarinda dalam mengelola distributornya. Hasil temuan dilapangan dapat disimpulkan bahwa terdapat beberapa strategi yang tidak sesuai dengan rencana dari tahap riset hingga pelaksanaan. Hal ini terjadi karena tidak tepatnya media promosi yang digunakan untuk mempromosikan salah satu kegiatan yang menjadi bagian dari strategi yang dilakukan. Saluran komunikasi internal menjadi pilihan Tiens di Stokist 729 Samarinda untuk melakukan evaluasi dari strategi yang telah dilaksanakan.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Teori Informasi Organisasi, Strategi Komunikasi, Pengelolaan Distributor,
  • NIM: 1702055045
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2017
  • Program Studi: Ilmu Komunikasi
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Ainun Ni’matu Rohma S.I.Kom,M.A , Johantan Alfando WS, S.I.Kom., M.I.Kom
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Komunikasi
  • Volume: 12
  • Nomor: 2
  • Tahun: 2024
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): JURNAL ILKOM VALINA 045 (03-18-24-05-19-24).doc (118 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): jurnal komunikasi valina pdf (03-18-24-05-19-24).pdf (263 kB)