Dunia Komunikasi

Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman
Kampus

Strategi Komunikasi Lingkungan Mangrove Center Community dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat pada Kegiatan Ekowisata di Kampung Tembudan Kabupaten Berau (Dwi Naomi Ceriawati, Erwiantono, Annisa Wahyuni Arsyad)

Submitted by: ,
On: May 8, 2023 @ 7:38 AM
IP: 114.122.231.247

  • Judul artikel eJournal: Strategi Komunikasi Lingkungan Mangrove Center Community dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat pada Kegiatan Ekowisata di Kampung Tembudan Kabupaten Berau
  • Pengarang (nama mhs): Dwi Naomi Ceriawati, Erwiantono, Annisa Wahyuni Arsyad
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Tujuan penelitian ini untuk menganalisis bagaimana strategi lingkungan Mangrove Center Community dalam meningkatkan partisipasi masyarakat pada kegiatan ekowisata dan apa saja faktor pendukung serta faktor penghambat yang dihadapi oleh Mangrove Center Community. Penelitian ini dilakukan di Kampung Tembudan, pada masyarakat yang terlibat secara langsung dan tidak langsung dalam kegiatan ekowisata. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Fokus penelitian ini langkah-langkah strategi komunikasi lingkungan yang terdiri dari tahap penilaian, tahap perencanaan, tahap produksi pesan serta tahap aksi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah komponen analisis data model interaktif yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi lingkungan Mangrove Center Community dalam meningkatkan partisipasi masyarakat pada kegiatan pada kegiatan ekowisata di Kampung Tembudan melalui 4 tahap. Tahap penilaian yang terdiri dari analisis situasi dan identifikasi masalah, analisis pihak atau pelaku yang terlibat dan komunikasi objektif yang dapat meningkatkan pengetahuan dan mempengaruhi perilaku. Tahap perencanaan yang terdiri dari pengembangan strategi komunikasi, memotivasi, dan memobilisasi masyarakat serta pemilihan media. Tahap produksi pesan yang terdiri dari desain pesan yang akan disampaikan dan produksi media disertai pretest. Tahap aksi dan refleksi yang terdiri dari penyebaran melalui media dan implementasinya, proses dokumentasi, monitoring dan evaluasi.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Strategi Komunikasi, Komunikasi Lingkungan, Partisipasi Masyarakat, Ekowisata Ma
  • NIM: 1502055056
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2015
  • Program Studi: Ilmu Komunikasi
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Dr. Erwiantono, S.Pi., M.Si, Annisa Wahyuni Arsyad, S.IP., M.M
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Komunikasi
  • Volume: 11
  • Nomor: 2
  • Tahun: 2023
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): Jurnal – Dwi Naomi Ceriawati (05-08-23-07-38-48).docx (48 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): Jurnal – Dwi Naomi Ceriawati (05-08-23-07-38-48).pdf (219 kB)