Dunia Komunikasi

Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman
Kampus

PENGARUH PENGGUNAAN CELEBRITY ENDORSER CRISTIANO RONALDO DALAM IKLAN SAMPO CLEAR MEN TERHADAP BRAND IMAGE PRODUK (Studi pada Mahasiswa Strata 1 di Universitas Mulawarman, Samarinda, Kalimantan Timur ) (Farras Faishal Wirawaskita, Silviana Purwanti, Annisa Wahyuni Arsyad)

Submitted by: Faishal Wirawaskita, Farras
On: May 3, 2023 @ 7:09 AM
IP: 182.253.164.19

  • Judul artikel eJournal: PENGARUH PENGGUNAAN CELEBRITY ENDORSER CRISTIANO RONALDO DALAM IKLAN SAMPO CLEAR MEN TERHADAP BRAND IMAGE PRODUK (Studi pada Mahasiswa Strata 1 di Universitas Mulawarman, Samarinda, Kalimantan Timur )
  • Pengarang (nama mhs): Farras Faishal Wirawaskita, Silviana Purwanti, Annisa Wahyuni Arsyad
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui signifikansi pengaruh penggunaan celebrity endorser Cristiano Ronaldo dalam iklan sampo Clear men terhadap brand image produk Clear Men dan untuk menguji tingkat koefesien determinasi penggunaan celebrity endorser terhadap brand image sampo Clear Men. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif melalui teknik studi dan dilakukan dengan metodologi ilustratif dengan skala likert. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu sampling purposive yang merupakan bagian dari non-probability sampling, dengan responden sebanyak 100 yang di dapat menggunakan rumus slovin tingkat kesalahan 10% dari jumlah mahasiswa Univesitas Mulawarman sebanyak 24.765. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linier sederhana, koefisien determinasi dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil jawaban responden pada keseluruhan dari variabel celebrity endorser Cristiano Ronaldo (X) didapatkan presentase dengan hasil 66,37% yang tergolong pada kategori tinggi dan variabel celebrity endorser bias dikatakan positif. Sedangkan hasil dari keseluruhan indikator variabel Y data yang dikumpulkan dari responden mendaptkan nilai 68,4%. Hasil uji t didapat hasil celebrity endorser berpengaruh terhadap brand image dan dapat dibuktikan dengan thitung (11,093) > ttabel (1,985). Berdasarkan koefisien determinasi didapat celebrity endorser Cristiano Ronaldo berpengaruh sebesar 55,7% terhadap brand image Clear Men.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Komunikasi Pemasaran, Iklan, Celebrity Endorser, Brand Image
  • NIM: 1602055047
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2016
  • Program Studi: Ilmu Komunikasi
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Dr. Silviana Purwanti, S.sos., M.Med.Kom, Annisa Wahyuni Arsyad, S.IP., M.M
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Komunikasi
  • Volume: 11
  • Nomor: 2
  • Tahun: 2023
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): Jurnal Farras 2023 mulai_hal_genap (05-03-23-07-09-43).doc (132 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): Jurnal Farras 2023 mulai_hal_genap (05-03-23-07-09-43).pdf (502 kB)