Dunia Komunikasi

Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman
Kampus

KOMUNIKASI VIRTUAL PT. ASTRA INTERNATIONAL DAIHATSU SELAMA MASA PANDEMI (Darwin Tri Utomo, Silviana Purwanti, Annisa Wahyuni Arsyad)

Submitted by: Utomo, Darwin Tri
On: Jan 24, 2023 @ 12:15 PM
IP: 36.75.93.202

  • Judul artikel eJournal: KOMUNIKASI VIRTUAL PT. ASTRA INTERNATIONAL DAIHATSU SELAMA MASA PANDEMI
  • Pengarang (nama mhs): Darwin Tri Utomo, Silviana Purwanti, Annisa Wahyuni Arsyad
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Tujuan penelitian ini untuk menganalisis dan mendeskripsikan komunikasi virtual PT. Astra International Daihatsu selama masa pandemi. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif yang memiliki fokus yakni pengirim memiliki suatu gagasan atau ide, mengubah ide menjadi suatu pesan, menyampaikan pesan, sehingga penerima menerima pesan, menafsirkan pesan, dan memberi tanggapan serta mengirim umpan balik kepada pengirim. Key informan antara lain yaitu Sales Supervisor Samarinda I, informannya yaitu Sales Supervisor Samarinda II, Personalia & General Affair dan informan Salesman PT. Astra Daihatsu Samarinda. Analisis data kualitatif menggunakan model interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, komunikasi virtual PT. Astra International Daihatsu selama masa pandemi, yaitu: sebelum bertemu dengan calon customer atau sudah menjadi customer melalui virtual di masa pandemi, sales menyampaikan pesan sampai ke customer tersebut. Customer harus mengetahui campaign mobil Daihatsu, perihal yang ditawarkan, harus detail dan secara menyeluruh. PT. Astra Daihatsu mengubah ide virtual menjadi suatu pesan yaitu dari diskon yang berbeda. Pengirim menyampaikan pesan dengan menggunakan berbagai saluran, salah satunya dengan mengguakan virtual pada masa pandemi dari media sosial Instagram, WhatsApp, Facebook, dan lainnya, yang disajikan dalam iklan di virtual yaitu cara yang mudah. Penerima menerima pesan mendapatkan diskon yang lebih pada saat kegiatan virtual. Customer Daihatsu banyak menafsirkan pesan dengan baik. Komunikasi virtual sangat berpengaruh pada penjualan produk Daihatsu Samarinda. Virtual lain selain virtual event dalam memasarkan produk mobil Daihatsu, yaitu virtual festival, yang merupakan campaign atau acara yang di adakan PT. Astra Daihatsu setelah periode komunikasi virtual berakhir.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Komunikasi, Virtual, Masa Pandemi
  • NIM: 1502055035
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2015
  • Program Studi: Ilmu Komunikasi
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Dr. Silviana Purwanti, S.Sos., M.Si & Annisa Wahyuni Arsyad, S.IP., M.M
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Komunikasi
  • Volume: 11
  • Nomor: 1
  • Tahun: 2023
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): 0. Jurnal Darwin T.U. Ilkom 1502055035 (01-24-23-12-15-59).doc (131 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): 0. Jurnal Darwin T.U. Ilkom 1502055035-2 (01-24-23-12-15-59).pdf (395 kB)