Dunia Komunikasi

Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman
Kampus

PEMASARAN POLITIK PARTAI GERINDRA DALAM PERSPEKTIF KOMUNIKASI UNTUK MEMBANGUN CITRA POSITIF PARTAI DI KOTA SAMARINDA (Natasya Pramica Sadea Putri, Hairunnisa, Annisa Wahyuni Arsyad)

Submitted by: Putri, Natasya
On: Jan 24, 2023 @ 9:46 AM
IP: 125.160.113.42

  • Judul artikel eJournal: PEMASARAN POLITIK PARTAI GERINDRA DALAM PERSPEKTIF KOMUNIKASI UNTUK MEMBANGUN CITRA POSITIF PARTAI DI KOTA SAMARINDA
  • Pengarang (nama mhs): Natasya Pramica Sadea Putri, Hairunnisa, Annisa Wahyuni Arsyad
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Pemasaran politik dapat dilakukan dengan berbagai cara untuk meningkatkan popularitas mereka,. Misalnya menggunakan iklan media cetak dan media elektronik sebagai bentuk kegiatan media relations. Media massa bisa dibilang berperan dalam menciptakan gambaran realitas (images of reality) bagi publik. Media massa memiliki kemampuan untuk menciptakan gambaran tentang citra realitas orang, objek atau peristiwa yang sedang terjadi saat ini. Konten media massa merupakan wadah yang menghadirkan berbagai peristiwa sedemikian rupa sehingga berperan sebagai sumber bagi masyarakat untuk memiliki gagasan tentang realitas dan nilai serta penilaian yang menjadi acuan fakta tersebut. Dalam proses pemasaran politik, partai politik bersaing untuk merebut hati masyarakat, melalui suatu kegiatan komunikasi yang ditunjukkan untuk mempengaruhi seseorang agar memiliki sikap dan perilaku yang sesuai dengan keinginan pemberi informasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pemasaran politik Partai Gerindra dan apa saja faktor pendukung yang dilakukan Partai Gerindra untuk membangun citra positif partai di Kota Samarinda. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Fokus penelitian ini menggunakan teori pemasaran politik dengan menggunakan strategi pemasaran politik Adman Nursal (2004) yaitu (push marketing) mendorong pemasaran, (pass marketing) melalui pemasaran, (pull marketing) menarik pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemasaran politik partai Gerindra, push marketing (mendorong pemasaran) menggunakan konsep permanen yang harus dipegang teguh oleh partai untuk menciptakan kepercayaan pada citra publiknya, dengan tujuan memperkenalkan dan menyebarkan aspek-aspek positif partai di masyarakat Kota Samarinda. Dengan meningkatkan citra politik partai dan berkomunikasi untuk menciptakan citra positif di masyarakat. Upaya pass marketing (melalui pemasaran) dalam menghadirkan tokoh yang berpengaruh sebagai ikatan yang kuat dengan masyarakat, sehingga membutuhkan tenaga ekstra untuk mengambil hati dan rasa percaya terhadap kontestan di partai Gerindra tersebut. Ketiga dalam pull marketing (menarik pemasaran) untuk menyampaikan produk politik dengan menggunakan media seperti distribusi cetak, media elektronik, media sosial, periklanan, dan kegiatan promosi melalui acara dan sponsorship.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Pemasaran Politik, Perspektif Komunikasi, Partai Gerindra, Citra Politik
  • NIM: 1502055013
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2015
  • Program Studi: Ilmu Komunikasi
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Hj. Hairunnisa, S.Sos., M.M & Annisa Wahyuni Arsyad, S.IP., M.M
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Komunikasi
  • Volume: 11
  • Nomor: 2
  • Tahun: 2023
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): JURNAL NATASYA 2015 (01-24-23-09-46-14).docx (47 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): JURNAL NATASYA 2015 (01-24-23-09-46-14).pdf (203 kB)