Representasi Rasisme Dalam Iklan Produk Kecantikan Snowz Gluta By Seoul Secret (Analisis Semiotika Roland Barthes) (Nindiyah Lamiatul Lutfa, Silviana Purwanti, Sabiruddin)
Submitted by: Lamiatul Lutfa, Nindiyah
On: Dec 28, 2021 @ 1:38 AM
IP: 202.67.39.28
- Judul artikel eJournal: Representasi Rasisme Dalam Iklan Produk Kecantikan Snowz Gluta By Seoul Secret (Analisis Semiotika Roland Barthes)
- Pengarang (nama mhs): Nindiyah Lamiatul Lutfa, Silviana Purwanti, Sabiruddin
- Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Penelitian ini tentang representasi rasisme yang ditampilkan melalui iklan Snowz Gluta by Seoul Secret. Peneliti menggunakan teori semiotika yang dikemukakan oleh Roland Barthes untuk melihat bagaimana rasisme direpresentasikan dalam iklan nowz Gluta by Seoul Secret berdasarkan denotasi, konotasi dan mitos, karena melalui iklan, membaca pemberitahuan TV seperti menghancurkan praktik filosofis yang bekerja secara manipulatif dalam bidang sosial tertentu. Iklan selalu dikaitkan dengan tanda dan kode. Setiap potongan iklan berubah menjadi “tanda” atau sign, yang pada dasarnya menyiratkan sesuatu yang menghasilkan makna, produk yang diiklan akan memperoleh nilai budaya. Pada penelitian ini, peneliti tertarik untuk mengupas serta menjabarkan bagaimana bentuk rasisme yang ditampilkan lewat iklan Snowz Gluta by Seoul Secret. Menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pisau analisis dikemukakan oleh Roland Barthes, salah seorang ahli semiotika. Fokus dari penelitian ini adalah dua scene pilihan dimana didalamnya terdapat rasisme yang ditemukan melalui penggunaan peta semiotika Roland Barthes dan teknik pengambilan gambar. Indikator rasisme yang digunakan yaitu Stereotip Berdasarkan Ras, Diskriminasi Rasial serta Kekerasan Rasial. Teknik pengumpulan data untuk penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi dan penelitian kepustakaan melalui penelitian yang berhubungan dengan buku dan jurnal. Maka hasilnya adalah streotip berdasarkan ras dengan penggambaran status kulit hitam yang infeorior, di mana perbedaan warna kulit antara kulit putih dan kulit hitam menjadi sebuah perbandingan kedudukan status yang terselubung, digambarkan bahwa kesuksesan dan status sosial seseorang yang tinggi tersebut hanya bisa didapatkan oleh orang berkulit putih.
- Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Representasi, iklan SNOWZ GLUTA, Teori Semiotika Roland Barthes.
- NIM: 1402055002
- Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2014
- Program Studi: Ilmu Komunikasi
- Sumber tulisan: Skripsi
- Pembimbing: Dr. Silviana Purwanti, S.Sos., M. Si , Sabiruddin, S.Sos.I., M.A
- Nama eJournal: eJournal Ilmu Komunikasi
- Volume: 9
- Nomor: 4
- Tahun: 2021
- File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): Artikel eJournal An.Nindiyah Lamiatul Lutfa (12-28-21-01-38-16).docx (59 kB)
- File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): Artikel eJournal An.Nindiyah Lamiatul Lutfa (12-28-21-01-38-16).pdf (418 kB)