Dunia Komunikasi

Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman
Kampus

Analisis Brand Communication Band Indie Prematurial (Rizkha Destyannisa, Finnah Fourqoniah, Annisa Wahyuni Arsyad)

Submitted by: Destyannisa, Rizkha
On: Feb 3, 2022 @ 9:17 AM
IP: 36.78.203.15

  • Judul artikel eJournal: Analisis Brand Communication Band Indie Prematurial
  • Pengarang (nama mhs): Rizkha Destyannisa, Finnah Fourqoniah, Annisa Wahyuni Arsyad
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Tujuan penelitian ini untuk menganalisis Brand Communication yang digunanakan oleh band indie Prematurial. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan teori Brand Communication dengan fokus The Three C’s (Clarity, Consistency, Constancy) dimana teori ini mendefinisikan brand communication adalah kemampuan komunikasi suatu merek yang memberikan hasil yang positif kepada pemilih sehingga akan menimbulkan kepercayaan terhadap suatu merek. Dengan memahami The Three Cs of Branding , memungkinkan untuk lebih mudah mengukur efektivitas rencana Personal Brand Communication dan mengimplementasikannya dengan sukses (Arruda-2009). Narasumber pada penelitian ini terbagi 2 yaitu, Key Informan yang terdiri dari para personil band Prematurial sebanyak 4 (empat) orang dan Informan yang merupakan pendengar karya ataupun follower social media dari band Prematurial . Analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini berdasarkan fokus yang diambil yaitu The Three C’s (Clarity, Consistency, Constancy) antara lain Clarity (Kejelasan) dimana band prematurial menggunakan unsur kebudayaan daerah khas Kalimantan Timur dalam brand image yang ditampilkan oleh Band prematurial. Kemudian dalam fokus Consistency (Konsisten), band Prematurial konsisten mengusung dan menegaskan bahwa mereka merupakan band bergenre Deathmetal ditengah minoritas penikmat musik deathmetal. Selanjutnya pada fokus Constancy, band Prematurial memperhatikan setiap unggahan pada media sosialnya dimana platform digital yang paling banyak interaksinya adalah pada media sosial instagram. Dari hasil penelitian, band Prematurial fokus dalam setiap postingan-postingan yang akan diunggah.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Analisis, Brand Communication, Band Indie, Prematurial
  • NIM: 1402055087
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2014
  • Program Studi: Ilmu Komunikasi
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Dr. Finnah Fourqoniah, S.Sos., M.Si , Annisa Wahyuni Arsyad, S.IP., M.M
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Komunikasi
  • Volume: 10
  • Nomor: 1
  • Tahun: 2022
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): eJournal Rizkha TERBARU (1) (02-03-22-09-17-14).doc (149 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): eJournal Rizkha Revisi TERBARU ILKOM 14 (02-03-22-09-17-14).pdf (459 kB)