Dunia Komunikasi

Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman
Kampus

PERSEPSI FOLLOWERS TERHADAP RELATIONSHIP GOALS DALAM VIDEO SELEBGRAM ALFY SAGA (Said Ahmad, Finnah Fourqoniah, Kadek Dristiana Dwivayani)

Submitted by: Ahmad, Said
On: Aug 31, 2020 @ 5:17 AM
IP: 112.215.241.109

  • Judul artikel eJournal: PERSEPSI FOLLOWERS TERHADAP RELATIONSHIP GOALS DALAM VIDEO SELEBGRAM ALFY SAGA
  • Pengarang (nama mhs): Said Ahmad, Finnah Fourqoniah, Kadek Dristiana Dwivayani
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan mengetahui serta menganalisis persepsi followers terhadap relationship goals dalam video selebgram Alfy Saga. Fokus penelitian meliputi seleksi, interpretasi, dan reaksi.Metode penelitian ini adalah studi deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menyatakan bahwa, persepsi followers terhadap relationship goals dalam video selebgram Alfy Saga adalah suatu hubungan yang romantis, saling pengertian, setia, jujur dan bertanggung jawab, serta telah sesuai dengan pemahaan followers terhadap pengertian apa itu relationship goals. Persepsi terhadap latar belakang cerita juga sangat sesuai dan berkaitan erat dengan apa yang di alami oleh followers dikehidupan nyata mereka meskipunpada pelaksanaannya,tidak semua memiliki persepsi yang sama terhadap penerapan relationship goals Alfy dan Fatma di kehidupan nyata. Pendekatan teori dramaturgi yang dilakukan Alfy dan Fatma telah berhasil, mereka dapat memainkan peran sebagai pasangan kekasih dengan sangat baik. Bentuk relationship goals yang ditampilkan juga sesuai dengan teori sibernetika dimana relationsip goals merupakan bentuk hubungan timbal balik di antara semua bagian dari sebuah sistem. Kesimpulan yang didapat adalah relationship goals yang ditampilkan di dalam video merupakan salah satu bentuk hubungan sosial yang positif, baik untuk di tonton maupun untuk di terapkan di kehidupan nyata walaupun tidak semudah apa yang di lihat, namun konsep relationship goals yang ditampilkan mampu menjadi referensi yang baik untuk setiap masyarakat khususnya followers.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Followers, Persepsi, Relationship Goals
  • NIM: 1402055089
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2014
  • Program Studi: Ilmu Komunikasi
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Dr. Finnah Fourqoniah, S.Sos., M.Si dan Kadek Dristiana Dwivayani, S.Sos., M.Med.Kom
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Komunikasi
  • Volume: 8
  • Nomor: 2
  • Tahun: 2020
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): EJOURNAL (SAID AHMAD; 1402055089) (08-31-20-05-17-05).docx (47 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): EJOURNAL (SAID AHMAD; 1402055089) (08-31-20-05-17-05).pdf (277 kB)