Dunia Komunikasi

Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman
Kampus

FUNGSI KOMUNIKASI PARIWISATA PADA KELOMPOK SADAR WISATA DI TELUK SERIBU DALAM PENGEMBANGAN DESTINASI WISATA BAHARI MANGGAR BARU (Muhammad Razzaq,Nur Fitriyah,Muhammad Faisal)

Submitted by: ,
On: Aug 5, 2019 @ 1:21 AM
IP: 114.125.199.23

  • Judul artikel eJournal: FUNGSI KOMUNIKASI PARIWISATA PADA KELOMPOK SADAR WISATA DI TELUK SERIBU DALAM PENGEMBANGAN DESTINASI WISATA BAHARI MANGGAR BARU
  • Pengarang (nama mhs): Muhammad Razzaq,Nur Fitriyah,Muhammad Faisal
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Tujuan penelitian ini untuk mengetahui fungsi komunikasi pariwisata yang direncakan oleh kelompok sadar wisata di teluk seribu dalam pengembangan destinasi wisata bahari manggar baru. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik analisis dari Miles dan Huberman yang dimaksudkan untuk mengumpulkan informasi mengenai status suatu gejala, yaitu keadaan gejala menurut apa adanya saat penelitian dilakukan. Lokasi penelitian di destinasi wisata di Teluk Seribu. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Narasumber pada penelitian ini ada sebanyak 5 (lima) orang yang terdiri dari Ketua Kelompok Sadar Wisata di Teluk Seribu, Ketua Rt. 03 Kelurahan Manggar Baru, Disporapar Seksi Pengembangan Promosi dan Kerja Sama Pariwisata, Seksi Pengembangan Destinasi, Seksi Pengembangan Usaha Jasa Pariwisata. Analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Fungsi Komunikasi Pariwisata pada Kelompok Sadar Wisata di Teluk Seribu dalam Pengembangan Destinasi Wisata Bahari Manggar Baru. Dalam prosesnya Kelompok Sadar Wisata di Teluk Seribu menjalankan empat langkah penting yang diawali dari pemasaran, destinasi, aksesibilitas, dan sdm dan kelembagaan. Dalam pemasaran Kelompok Sadar Wisata di Teluk Seribu telah memahami apa yang menjadi nilai jual utama untuk menarik minat kunjungan wisatawan dan potensi wisata yang dimiliki oleh objek wisata di Teluk Seribu sejalan dengan bauran pemasaran (marketing mix) disebut 4P yaitu product, price, place, promotion menurut Kotler dan Armstrong (2018, 77-78).
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Komunikasi, Pariwisata, Kelompok Sadar Wisata
  • NIM: 1402055162
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2014
  • Program Studi: Ilmu Komunikasi
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Prof. Dr. Hj. Nur Fitriyah, M.S/H. Muhammad Faisal, S.Sos., M.Si
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Komunikasi
  • Volume: 7
  • Nomor: 3
  • Tahun: 2019
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): Jurnal Razaq (08-05-19-01-21-52).doc (129 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): Jurnal Razaq (08-05-19-01-21-52).pdf (799 kB)




  1. Situs Slot KayaMendadak88
  2. Situs Slot Online Terbaik Dan Terpercaya No 1
  3. Slot Pragmatic Play
  4. Situs Slot Online Terpercaya
  5. Kumpulan Situs Judi Slot Terpercaya
  6. Game Slot Online
  7. Judi Slot Online Jackpot Terbesar
  8. Situs Judi Slot Online Terpercaya 2021
  9. Slot Joker123
  10. Agen Slot Online Resmi
  11. Slot Deposit Pulsa
  12. Daftar Situs Judi Slot Terbaik Dan Terpercaya No 1
  13. AloJudi Slot
  14. KayaMendadak88 Slot
  15. Judi Slot Online Jackpot Terbesar Gampang Menang
  16. Joker123 Slot
  17. Mesin slot gacor 88
  18. Mesin slot
  19. Link Slot Online
  20. Slot Via Dana
  21. Daftar Situs Bo Slot Online Gacor Terbaik 2022
  1. Slot Online
  2. Judi Slot Online Jackpot Terbesar
  3. Daftar Situs Judi Slot Online Terpercaya
  4. Judi Slot Terpercaya
  5. Kumpulan Situs Judi QQ Online Terpercaya
  6. Situs Slot Deposit Pulsa dan Slot Online Terbaik
  7. Slot Hacker
  8. Situs Slot Online Terbaik
  9. Slot Gacor Gampang Menang
  10. Situs Judi Slot Online Jackpot Terbesar
  11. Situs Slot Online Terbaik 2021
  12. Situs Judi Slot Terbaik Dan Terpercaya No 1