Dunia Komunikasi

Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman
Kampus

Strategi Komunikasi Komunitas YicamID Samarinda Melalui Instagram Dalam Meningkatkan Minat Wisatawan Lokal Ke Kalimantan Timur (Robby Andrean,Nur Fitriyah, Hairunnisa)

Submitted by: ,
On: Aug 5, 2019 @ 1:05 AM
IP: 114.125.215.151

  • Judul artikel eJournal: Strategi Komunikasi Komunitas YicamID Samarinda Melalui Instagram Dalam Meningkatkan Minat Wisatawan Lokal Ke Kalimantan Timur
  • Pengarang (nama mhs): Robby Andrean,Nur Fitriyah, Hairunnisa
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Wisata budaya di Kalimantan Timur meliputi peninggalan sejarah dan keanekaragaman tradisi, kesenian lokal yang berbeda serta menarik. Meskipun Kalimantan Timur memliki banyak lokasi pariwisata tetapi Pemerintah belum maksimal dalam melakukan strategi promosi dan belum tersedianya infrastruktur bandara yang memadai. Salah satu penggiat traveling yang berada di Samarinda adalah komunitas YicamID Samarinda. Menurut Middleton strategi komunikasi adalah kombinasi yang terbaik dari semua elemen komunikasi mulai dari komunikator, pesan, saluran (media), penerima sampai pada pengaruh (efek) yang dirancang untuk mencapai tujuan komunikasi optimal. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisa strategi komunitas YicamID Samarinda melalui instagram dalam mempromosikan pariwisata Kalimantan Timur. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data meliputi data primer yang diperoleh peneliti secara langsung dari informan yaitu informan kunci (key informan) dalam penelitian ini yaitu 1 ketua pengurus YicamID Samarinda. Informan pendukung yaitu 4 anggota pengurus Yicam Samarinda. Teknik pengumpulan data yaitu field work research meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif menurut Miles dan Huberman meliputi pengumpulan data, penyederhanaan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunitas YicamID Samarinda meliputi attention dengan pesan di instagram dibuat sesuai dengan suasana pemandangan yang ada di gambar. Need yaitu membuat kalimat ajakan yang dapat membuat wisatawan merasa wajib mengunjungi islamic center. Satisfication yaitu mengupload foto atau video masyarakat yang sedang berkunjung dengan kegiatannya di islamic center, dengan hasil gambar MP4 jernih dan tajam menggunakan Yicamera. Visualization yaitu mengambil posisi gambar sesuai dengan camera angle yang baik, menggunakan obyek manusia sebagai bahan foto dan mencari spot foto yang menarik. Action yaitu komunitas mengadakan kegiatan di tempat wisata yang dipromosikan. Kesimpulan strategi komunitas YicamID Samarinda melalui instagram dalam mempromosikan pariwisata Kalimantan Timur sudah cukup baik dengan membuat caption yang detail menuju ke tempat wisata yang ingin di tuju agar para masyarakat yang ingin berkunjung tau lokasi menuju ke tempat wisata tersebut.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Strategi Komunikasi, Instagram, Minat Wisatawan Lokal.
  • NIM: 1202055137
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2012
  • Program Studi: Ilmu Komunikasi
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Prof. Dr. Hj. Nur Fitriyah, M.S./Hj. Hairunnisa, S.Sos., MM
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Komunikasi
  • Volume: 7
  • Nomor: 3
  • Tahun: 2019
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): Jurnal Robby (08-05-19-01-05-38).doc (155 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): Jurnal Robby (08-05-19-01-05-38).pdf (968 kB)