Dunia Komunikasi

Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman
Kampus

Pengaruh Tayangan Sinetron “Diam Diam Suka” SCTV Terhadap Perilaku Berpacaran di kalangan Remaja SMK Negeri 7 Samarinda (Nadia Setia Alvionita,Nur Fitriyah,Kheyene Molekandella Boer)

Submitted by: ,
On: Aug 2, 2019 @ 7:59 AM
IP: 180.248.121.156

  • Judul artikel eJournal: Pengaruh Tayangan Sinetron “Diam Diam Suka” SCTV Terhadap Perilaku Berpacaran di kalangan Remaja SMK Negeri 7 Samarinda
  • Pengarang (nama mhs): Nadia Setia Alvionita,Nur Fitriyah,Kheyene Molekandella Boer
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Kisah percintaan remaja yang dikisahkan dalam sinetron ini sangat banyak digemari oleh kaum remaja, para remaja yang menggemari sinetron ini cenderung hafal dan mengerti dengan kisah percintaan remaja yang dikisahkan dalam sinetron ini. Sehingga sangat berpotensi untuk dicoba dan ditiru oleh kalangan remaja usia sekolah. Khususnya Siswa-siswi SMK Negeri 7 Samarinda, karena usia SMK adalah usia mau mengetahui dan masa pencarian identitas dan jati diri, segala sesuatu yang bersifat fantasi selalu ingin mereka coba, termasuk perilaku pacaran yang sudah dikenal oleh mayoritas siswa di SMK Negeri 7 Samarinda. Melihat latarbelakang masalah diatas, maka peneliti merumuskan masalah dalam penelitian ini. Data yang diperoleh menggunakan kuesioner (skala likert) kemudian dilakukan pengujian analisis regresi linier berganda untuk mengetahui hubungan yang ada antara variabel independen dan variabel dependen. Koefisien determinasi bertujuan untuk mengetahui seberapa besar kemampuan variabel independen menjelaskan variabel dependen. Uji simultan dengan uji F-test bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel independen terhadap variabel-variabel dependen secara simultan. Kemudian uji T-test bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen secara individu (parsial). Hasil yang ditemukan, yaitu: Tayangan sinetron Diam Diam Suka (kognitif dan afektif) mempengaruhi perilaku pacaran, dengan nilai signifikan 0,000 lebih kecil dari 0,1. Artinya berpengaruh positif secara signifikan. Meskipun variabel kognitif tidak memiliki kecenderungan pada perubahan perilaku pacaran, namun pada variabel afektif memiliki kecenderungan pada perubahan perilaku pacaran, maka akan ada bentuk perubahan perilaku pacaran yang terjadi setelah menonton tayangan sinetron tersebut. karena faktor afektif audiens berpotensi mempengaruhi perubahan perilaku audiens.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Media massa, pengaruh kognitif dan afektif, pacaran.
  • NIM: 1102055219
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2011
  • Program Studi: Ilmu Komunikasi
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Prof. Dr. Hj. Nur Fitriyah, M.S, Kheyene Molekandella Boer, S.I.Kom., M.I.Kom
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Komunikasi
  • Volume: 7
  • Nomor: 3
  • Tahun: 2019
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): Jurnal Nadia (08-02-19-07-59-23).doc (109 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): Jurnal Nadia (08-02-19-07-59-23).pdf (604 kB)