Dunia Komunikasi

Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman
Kampus

PENGARUH TAGLINE IKLAN YAMAHA “SEMAKIN DI DEPAN” TERHADAP KESADARAN MEREK PADA MASYARAKAT KECAMATAN SAMARINDA ULU DI KOTA SAMARINDA (M. Chaidir)

Submitted by: ,
On: Feb 21, 2018 @ 4:08 AM
IP: 36.83.59.223

  • Judul artikel eJournal: PENGARUH TAGLINE IKLAN YAMAHA “SEMAKIN DI DEPAN” TERHADAP KESADARAN MEREK PADA MASYARAKAT KECAMATAN SAMARINDA ULU DI KOTA SAMARINDA
  • Pengarang (nama mhs): M. Chaidir
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Kota Samarinda merupakan salah satu kota yang memiliki mobilitas tinggi, hampir semua warga kota Samarinda memiliki kendaraan pribadi untuk menjalankan aktivitas mereka setiap hari. Adanya mobilitas yang tinggi tersebut mengakibatkan kemacetan di kota Samarinda. Berdasarkan dari fonemena itupun yang menyebabkan hampir semua kalangan masyarakat di kota Samarinda lebih memilih untuk menggunakan sepeda motor sebagai kendaraan favorite mereka.Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya Pengaruh Penggunaan Tagline Iklan Yamaha “ Semakin di Depan “ Terhadap Kesadaran Merek Pada Masyarakat Kecamatan Samarinda Ulu Kota di Kota Samarinda. Teori yang digunakan adalah teori komunikasi pemasaran milik Kotler yang terdiri dari iklan, promosi penjualan, hubungan masyarakat, penjualan personal, pemasaran langsung. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data berasar dari kuesioner dan data sekunder sedangkan teknik sampling yang dilakukan pada penelitian ini menggunakan metode random sampling dimana responden dalam penelitian ini dipilih secara acak tanpa menggunakan kriteria khusus (Bebas). Hasil uji hipotesis penelitian menunjukkan terdapat pengaruh tagline iklan Yamaha “Semakin Di Depan” terhadap masyarakat kecamatan Samarinda Ulu di kota Samarinda. Hal ini dibuktikan dengan Fhitung = 52.625 > Ftabel = 3.090. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, dengan membagikan kuisioner dengan jumlah responden sebesar 100 orang, maka dapat dikatakan bahwa Tagline berpengaruh sebesar 52,6% dengan kesadaran merek masyarakat kecamatan Samarinda Ulu di Kota Samarinda. Sisanya 47,4% berasal dari model lain yang artinya adalah masyarakat kecamatan Samarinda Ulu menganggap bahwa pengaruh yang sudah dibangun oleh Yamaha melalui taglinenya membuat timbulnya kesadaran merek didalam diri mereka, meskipun hanya tidak semuanya disebabkan oleh tagline yang diusung oleh Yamaha itu sendiri melainkan melalui faktor-faktor eksternal lainnya.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Pengaruh, Tagline, Komunikasi Pemasaran, Kesadaran Merek.
  • NIM: 1102055023
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2011
  • Program Studi: Ilmu Komunikasi
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Dr. Cathas Teguh Prakoso, M.Si & Kheyene Molekandella Boer, S.I.Kom., M.I.Kom
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Komunikasi
  • Volume: 6
  • Nomor: 1
  • Tahun: 2018
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): eJournal chaidir (02-21-18-04-08-20).docx (50 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): eJournal chaidir (02-21-18-04-08-20).pdf (513 kB)