REPRESENTASI AGAMA DALAM IKLAN INDONESIA ADALAH KITA DI NET.TV (ADE PUTRI)
Submitted by: Putri, Ade
On: Jan 17, 2018 @ 4:44 AM
IP: 180.248.255.95
- Judul artikel eJournal: REPRESENTASI AGAMA DALAM IKLAN INDONESIA ADALAH KITA DI NET.TV
- Pengarang (nama mhs): ADE PUTRI
- Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Sesuai dengan rumusan masalah tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis iklan Indonesia adalah kita dalam merepresentasikan agama di Net. TV. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif interpretatif berdasarkan model semiotika dari Roland Barthes berupa sistem tanda yang dibagi menjadi denotasi dan konotasi yang berada pada objek yang diteliti berdasarkan hasil dari analisis peneliti mengenai representasi iklan Indonesia adalah Kita di Net. TV. Data dikumpulkan melalui studi kepustakaan yaitu buku teks, file video yang di download dari internet, dan referensi yang ada hubungannya dengan penulisan skripsi ini. Hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa makna tanda representasi agama dalam iklan Indonesia adalah Kita terkait tanda yang diberikan seperti umat Islam Membaca Al-Qur’an, perempuan dan pria yang membakar dupa, umat Hindu yang beribadah, para biksu ke Candi Borobudur, dan antar umat beragama yang saling bercengkerama, hal tersebut merupakan suatu tanda kerukunan beragama di tengah keanekaragaman budaya merupakan aset dalam kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia dan makna simbol representasi agama dalam iklan Indonesia adalah Kita seperti Al-Qur’an, Kalung Rosario, Salib, Patung Bunda Maria dan Tempat ibadah (Masjid dan Pura) semua hal tersebut merupakan suatu simbol keagamaan yang ada di Indonesia, simbol tersebut bukan suatu jarak atau perbedaan melainkan suatu pemersatu antar umat beragama.
- Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Iklan, Indonesia adalah Kita, representasi, agama
- NIM: 1302055127
- Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2013
- Program Studi: Ilmu Komunikasi
- Sumber tulisan: Skripsi
- Pembimbing: Dra. Lisbet Situmorang, M. Si, Sabiruddin, S. Sos. I., M.A
- Nama eJournal: eJournal Ilmu Komunikasi
- Volume: 6
- Nomor: 1
- Tahun: 2018
- File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): JURNAL (01-17-18-04-44-34).doc (117 kB)
- File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): JURNAL UPLOAD (01-17-18-04-44-34).pdf (237 kB)