Dunia Komunikasi

Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman
Kampus

NASIONALISME DALAM FILM HABIBIE DAN AINUN (Ana Nurhidayati)

Submitted by: ,
On: Aug 10, 2017 @ 7:12 AM
IP: 180.248.229.32

  • Judul artikel eJournal: NASIONALISME DALAM FILM HABIBIE DAN AINUN
  • Pengarang (nama mhs): Ana Nurhidayati
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Nasionalisme Dalam Film Habibie dan Ainun, Di bawah bimbingan Hj. Hairunisa, S.Sos, M.M dan Sabiruddin, S.Sos.I.,M.A. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana rasa Nasionalisme yang ada dalam perfilman di Indonesia penelitian yang dilakukan termasuk deskriptif kualitatif.Hasil penelitian dapat disimpulkan yaitu Nasionalisme yang semakin lama semakin sulit di jumpai dalam jiwa anak bangsa. Itulah dalam masyarakat indonesia saat ini. Dengan tanpa malu membangga banggakan negara lain. Segala tren di ikutin mulai dari produk fashion oleh bangsa sampai cara berpikirnya. Sedangkan budaya dan produk sendiri di pandang sebelah mata. Budaya sendiri dikatakan klasik dan jadul. Realita ini memang sulit dihindari ini merupakan dampak negatif dari dunia yang semakin menggelobal. Di tengah pasang surut rasa Nasionalisme bangsa kini hadir sebuah kisah yang pantas menjadi teladan. Kisah inilah yang sekarang sedang mendominasi bioskop-bioskop nusantara. Tak lain dan tak bukan adalah kisah Habibie dan Ainun kesuksesan yang di capai di negri orang tak lantas membuat diri buta. Sosok Habibie dan Ainun terus memikirkan bagaimana perkembangan bumi pratiwi bahkan Habibie rela meninggalkan pekerjaan yang sedang ditekuni di kala karirnya memuncak mendekati titik kulminasidemi membangun proyek negeri yang saat ini belum jelas kedepannya. Jiwa-jiwa seperti ini seharusnya tumbuh dan melekat dihati anak bangsa.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Rasa Nasionalisme, Semiotika, Film Habibie dan Ainun
  • NIM: 1002055165
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2010
  • Program Studi: Ilmu Komunikasi
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Hj. Hairunisa, S.Sos, M.M dan Sabiruddin, S.Sos.I.,M.A.
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Komunikasi
  • Volume: 5
  • Nomor: 2
  • Tahun: 2017
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): e-jurnal new (08-10-17-07-12-35).doc (138 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): e-jurnal new (08-10-17-07-12-35).pdf (92 kB)

Print Friendly, PDF & Email