Dunia Komunikasi

Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman
Kampus

KUALITAS KOMUNIKASI INTERPERSONAL CUSTOMER SERVICE DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS NASABAH BANK MEGA CABANG PEMBANTU S.PARMAN SAMARINDA (Anggie Seftyan Nugraha)

Submitted by: ,
On: Aug 10, 2017 @ 3:59 AM
IP: 180.248.229.32

  • Judul artikel eJournal: KUALITAS KOMUNIKASI INTERPERSONAL CUSTOMER SERVICE DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS NASABAH BANK MEGA CABANG PEMBANTU S.PARMAN SAMARINDA
  • Pengarang (nama mhs): Anggie Seftyan Nugraha
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas komunikasi interpersonal komunikasi Customer Service dalam meningkatkan loyalitas nasabah di Bank Mega KCP S.Parman kota Samarinda.. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Fokus dalam penelitian ini yaitu; (1) Ketebukaan (Openness), (2) Empati, (3) Sikap Mendukung (Suportiveness), dan (4) Sikap Positive (Positiveness). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah yang dikemukakan oleh Mathew B. Miles dan Michael Huberman (1992:15-20), data kualitatif menggunakan analisis data model interaktif yang terdiri atas empat komponen, yaitu Pengumpulan Data, Reduksi Data, Penyajian Data dan Penarikan Kesimpulan Hasil penelitian ini menunjukan penggunaan sikap-sikap positif komunikasi interpersonal yang dilakukan oleh Customer Service di latarbelakangi oleh berbagai faktor. Salah satu faktor yang memungkinkan penggunaan sikap-sikap positif komunikasi interpersonal di Bank Mega KCP S.Parman adalah untuk meningkatkan loyalitas nasabah. Loyalitas nasabah ialah komitmen nasabah bertahan secara mendalam untuk berlangganan kembali atau melakukan pembelian ulang produk/jasa terpilih secara konsisten dimasa yang akan datang, meskipun pengaruh situasi dan usaha-usaha pemasaran mempunyai potensi untuk menyebabkan perubahan perilaku. (Ratih Hurriyati, Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen…, hal. 129). Dalam hal ini peneliti memaparkan berdasarkan 4 sikap positif efektivitas komunikasi interpersonal menurut DeVito. sikap itulah yang penulis gunakan untuk menjelaskan kualitas komunikasi interpersonal customer service dalam meningkatkan loyalitas nasabah Bank Mega cabang pembantu S.Parman Samarinda. Dari hasil penelitian Customer service melayani dengan mengaplikasikan sikap-sikap positif dalam melayani nasabahnya yang membuat loyalitas nasabahnya meningkat.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Customer Service, Openness, Empati, Suportiveness, Positiveness
  • NIM: 1002055080
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2010
  • Program Studi: Ilmu Komunikasi
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Prof. Dr. Hj. Nur Fitriyah, M.S dan Hj. Hairunnisa, S.Sos. MM
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Komunikasi
  • Volume: 5
  • Nomor: 3
  • Tahun: 2017
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): JURNAL ANGGIE SEFTYAN NUGRAHA (08-10-17-03-59-36).docx (98 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): JURNAL ANGGIE SEFTYAN NUGRAHA (08-10-17-03-59-36).pdf (122 kB)