Dunia Komunikasi

Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman
Kampus

ANALISIS STRATEGI KOMUNIKASI DINAS PENDAPATAN DAERAH DALAM MENSOSIALISASIKAN PERATURAN DAERAH NOMOR 4 TAHUN 2011 TENTANG PAJAK DAERAH KOTA SAMARINDA (Studi Kasus Sosialisasi Pajak Rumah Kost Di Samarinda) (Muhammad Rizky Novaldi)

Submitted by: ,
On: Aug 1, 2017 @ 3:10 AM
IP: 36.75.37.28

  • Judul artikel eJournal: ANALISIS STRATEGI KOMUNIKASI DINAS PENDAPATAN DAERAH DALAM MENSOSIALISASIKAN PERATURAN DAERAH NOMOR 4 TAHUN 2011 TENTANG PAJAK DAERAH KOTA SAMARINDA (Studi Kasus Sosialisasi Pajak Rumah Kost Di Samarinda)
  • Pengarang (nama mhs): Muhammad Rizky Novaldi
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Muhammad Rizky Novaldi,2017“Analisis Strategi Komunikasi Dinas Pendapatan Daerah Dalam Mensosialisasikan Peraturan Daerah Nomor 4 Tahun 2011 Tentang Pajak Daerah Kota Samarinda (Studi Kasus Sosialisasi Pajak Rumah Kost Di Samarinda) ”,di bawah bimbinganIbu Drs. Santi Rande, M.Si, selaku Dosen Pembimbing I dan BapakSabiruddin, S.SosI, M.A selaku Dosen Pembimbing II, Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi komunikasi yang digunakan Dinas Pendapatan Daerah Kota Samarinda dalam mensosialisasikan pajak rumah kost di dalam PERDA Nomor 4 Tahun 2011 tentang pajak daerah dan mendiskripsikan serta menganalisis Strategi Komunikasi Dinas Pendapatan Daerah Kota Samarinda dalam mensosialisasikan Pajak Rumah Kost PERDA Nomor 04 Tahun 2011.Pengumpulan data dilakukan melalui penelitian lapangan yang meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi.Narasumber dari penelitian ini adalah Staf dan Kepala seksi pembinaan dan penyuluhan, dan pemilik rumah kost.Data-data yang dikumpulkan kemudian dideskripsikan dan dianalisis menggunakan analisis data interaktif. Hasil penelitian ini menunjukan strategi yang digunakan oleh Dinas Pendapatan Daerah Kota Samarinda Strategi komunikasi dalam mensosialisasi pajak rumah kost yaitudengan penyampaian pesan langsung, dan melalui perantara media cetak maupun elektronik.Komunikasi tersebut dinilai kurang efesien dalam penyebaran pesan, pemilihan media, dan tindak lanjut informasi yang diberikan.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Analisis Strategi Komunikasi, Dinas Pendapatan Daerah Kota Samarinda, Pajak Ruma
  • NIM: 1202055217
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2012
  • Program Studi: Ilmu Komunikasi
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Drs. Santi Rande, M.Si, dan BapakSabiruddin, S.SosI, M.A
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Komunikasi
  • Volume: 5
  • Nomor: 3
  • Tahun: 2017
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): jurnal Muhammad Rizky Novaldi (08-01-17-03-10-01).docx (102 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): jurnal Muhammad Rizky Novaldi (08-01-17-03-10-01).pdf (83 kB)