Dunia Komunikasi

Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman
Kampus

DIMENSI INTERAKTIVITAS MEDIA SOSIAL INSTAGRAM INSTAMARINDA GUNA MEMPERKENALKAN DAERAH PARIWISATA DI KOTA SAMARINDA (Jawhari Fajri)

Submitted by: ,
On: Jul 31, 2017 @ 5:14 AM
IP: 180.248.253.14

  • Judul artikel eJournal: DIMENSI INTERAKTIVITAS MEDIA SOSIAL INSTAGRAM INSTAMARINDA GUNA MEMPERKENALKAN DAERAH PARIWISATA DI KOTA SAMARINDA
  • Pengarang (nama mhs): Jawhari Fajri
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui kemampuan interaktif dalam memperkenalkan daerah wisata melalui postingan komunitas Instamarinda di media sosial Instagram. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Fokus dalam penelitian ini yaitu; (1) Kompleksitas, (2) Besaran Usaha, (3) Tingkat Respon Media, (4) Kemampuan, (5) Kemudahan, dan (6) Memfasilitasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah yang dikemukakan oleh Mathew B. Miles dan Michael Huberman (1992:15-20), data kualitatif menggunakan analisis data model interaktif yang terdiri atas empat komponen, yaitu Pengumpulan Data, Reduksi Data, Penyajian Data dan Penarikan Kesimpulan Hasil penelitian ini menunjukan penggunaan fitur-fitur interaktivitas oleh pengguna di latarbelakangi oleh berbagai faktor. Salah satu faktor yang memungkinkan penggunaan fitur-fitur interaktivitas di Instagram adalah adanya motivasi untuk mencari atau melakukan sesuatu di Instagram. Motivasi merupakan suatu dorongan yang timbul oleh adanya dorongan dari dalam dan dari luar untuk mengadakan perubahan dari suatu keadaan pada keadaan yang diharapkan, dan usaha untuk mencapai tujuan (Uno 2011). Dalam hal ini peneliti memaparkan berdasarkan 6 dimensi interaktivitas menurut cariee heeter. Dimensi itulah yang penulis gunakan untuk menjelaskan interaktivitas yang ada di instagram Instamarinda guna memperkenalkan daerah wisata di Kota Samarinda. Dari hasil penelitian Instamarinda membantu memberikan informasi tentang destinasi wisata kota Samarinda dengan postingan foto terbaik yang membuat hasrat berwisata di Kota Samarinda lebih meningkat.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Interaktivitas, Instagram, Uses and Gratification Theory, Instamarinda
  • NIM: 1002055079
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2010
  • Program Studi: Ilmu Komunikasi
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Prof. Dr. Hj. Nur Fitriyah M.S dan Nurliah, S. Sos.,M.I.Kom
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Komunikasi
  • Volume: 5
  • Nomor: 3
  • Tahun: 2017
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): EJOURNAL jerix print (07-31-17-05-14-02).docx (48 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): EJOURNAL Fajri (07-31-17-05-14-02).pdf (417 kB)