STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU KOMUNITAS MAHAKAM JAZZ RIVER (MJR) DALAM MEMPROMOSIKAN MUSIK JAZZ DI KALANGAN REMAJA KOTA SAMARINDA (Zahratunnisa)
Submitted by: ,
On: Nov 16, 2016 @ 4:13 AM
IP: 180.248.69.153
- Judul artikel eJournal: STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU KOMUNITAS MAHAKAM JAZZ RIVER (MJR) DALAM MEMPROMOSIKAN MUSIK JAZZ DI KALANGAN REMAJA KOTA SAMARINDA
- Pengarang (nama mhs): Zahratunnisa
- Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Zahratunnisa, menulis skripsi dengan judul “Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Komunitas Mahakam Jazz River Dalam Mempromosikan Musik Jazz Di Kalangan Remaja Kota Samarinda Periode Januari 2015-Maret 2016”, di bawah bimbingan Ibu Inda Fitriyarini S. Sos M. Si selaku dosen pembimbing I dan Ibu Kezia Arum Sary, S.Ds, M.Med. Kom selaku dosen pembimbing II, Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman.
Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi strategi komunikasi pemasaran terpadu komunitas Mahakam Jazz River dalam mempromosikan musik jazz di kalangan remaja kota Samarinda Periode Januari 2015-Maret 2016. Pengumpulan data dilakukan melalui penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan yang meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Narasumber dalam penelitian ini terdiri dari Ketua Komunitas Mahakam Jazz River dan stakeholders dari komunitas Mahakam Jazz River.
Penelitian ini dilaksanakan pada komunitas Mahakam Jazz River. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan pengambilan data menggunakan teknik purposive sampling. Fokus penelitian ini adalah perencanaan komunikasi pemasaran terpadu, pelaksanaan komunikasi pemasaran terpadu dan evaluasi komunikasi pemasaran terpadu.
Hasil penelitian ini diketahui bahwa komunitas Mahakam Jazz River menggunakan tiga tahapan dari komunikasi pemasaran terpadu yaitu terdiri dari perencanaan komunikasi pemasaran terpadu yang meliputi analisis situasi, identifikasi khalayak, menentukan tujuan komunikasi, menentukan anggaran serta pengembangan program komunikasi. Tahapan kedua yaitu pelaksanaan komunikasi pemasaran terpadu yang dilaksanakan oleh komunitas Mahakam Jazz River yang meliputi, acara dan pengalaman, penjualan personal dan promosi penjualan. Tahapan terakhir yaitu evaluasi yang dilakukan oleh Mahakam Jazz River dengan melakukan briefing secara berkala didalam ruang lingkup komunitas Mahakam Jazz River. - Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Komunikasi Pemasaran, Media Promosi, Musik Jazz
- NIM: 1102055054
- Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2011
- Program Studi: Ilmu Komunikasi
- Sumber tulisan: Skripsi
- Pembimbing: Inda Fitriyarini S. Sos M. Si dan Kezia Arum Sary, S.Ds, M.Med. Kom
- Nama eJournal: eJournal Ilmu Komunikasi
- Volume: 4
- Nomor: 4
- Tahun: 2016
- File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): jurnal zahratunnisa (11-16-16-04-13-02).docx (37 kB)
- File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): jurnal zahratunnisa (11-16-16-04-13-02).pdf (268 kB)