ANALISIS KOMUNIKASI PEMASARAN HOTEL GRAND SAWIT SAMARINDA DALAM MEMASARKAN KONSEP HOTEL SYARIAH (Tria Amalia Diputri)
Submitted by: ,
On: Nov 16, 2016 @ 1:13 AM
IP: 180.248.69.153
- Judul artikel eJournal: ANALISIS KOMUNIKASI PEMASARAN HOTEL GRAND SAWIT SAMARINDA DALAM MEMASARKAN KONSEP HOTEL SYARIAH
- Pengarang (nama mhs): Tria Amalia Diputri
- Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Tria Amalia Diputri, NIM 1202055010, Analisis Komunikasi Pemasaran Hotel Grand Sawit Samarinda dalam Memasarkan Konsep Hotel Syariah dibawah bimbingan Dr. H. Muhammad Noor, M.Si selaku Dosen Pembimbing I dan Hj. Hairunnisa, S.Sos,MM selaku Dosen Pembimbing II, Jurusan Ilmu Administrasi, Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Hotel Grand Sawit Samarinda dalam memasarkan konsep hotel syariah. Hal yang melatarbelakangi penelitian ini adalah peneliti ingin mengetahui bagaimana pemasaran yang dilakukan oleh Hotel Grand Sawit Samarinda sebagai satu-satunya hotel di Kota Samarinda yang menggunakan konsep syariah secara keseluruhan dalam manajemen hotelnya. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yaitu peneliti berusaha untuk menggambarkan atau mendeskripsikan obyek yang diteliti berdasarkan fakta dilapangan dengan menggunakan key informan dan informan sebagai sumber data, data-data yang disajikan menggunakan data primer dan data sekunder. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik analisis data kualitatif dengan model interaktif oleh Matthew B. Milles, A. Michael Huberman dan Johny Saldana.
Hasil dari penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti menunjukkan bahwa Hotel Grand Sawit Samarinda melakukan kegiatan komunikasi pemasaran dengan melakukan identifikasi khalayak yang dituju, merancang pesan (isi pesan, struktur pesan, format pesan, sumber pesan), dan membuat keputusan atas bauran komunikasi (promotion mix). Penelitian juga dilakukan berlandaskan pada teori pemasaran oleh Kotler dengan menggunakan bauran promosi, IMC, dan model AIDA (Attention, Interest, Desire, Action) sebagai teori yang paling sesuai dengan analisis yang dilakukan oleh peneliti. - Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Komunikasi Pemasaran, Konsep Hotel Syariah
- NIM: 1202055010
- Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2012
- Program Studi: Ilmu Komunikasi
- Sumber tulisan: Skripsi
- Pembimbing: Dr. H. Muhammad Noor, M.Si & Hj. Hairunnisa, S.Sos, MM
- Nama eJournal: eJournal Ilmu Komunikasi
- Volume: 4
- Nomor: 4
- Tahun: 2016
- File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): JURNAL ONLINE (11-16-16-01-13-54).doc (114 kB)
- File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): JURNAL ONLINE (11-16-16-01-13-54).pdf (231 kB)