Dunia Komunikasi

Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman
Kampus

MOTIF AUDIENS DALAM MENONTON PROGRAM ACARA BERITA ISLAMI MASA KINI DI TRANS TV (Studi Pada Remaja Masjid Nurul Huda di Kelurahan Baqa Kecamatan samarinda seberang) (Novita Sari)

Submitted by: ,
On: Mar 1, 2016 @ 1:43 PM
IP: 125.160.65.31

  • Judul artikel eJournal: MOTIF AUDIENS DALAM MENONTON PROGRAM ACARA BERITA ISLAMI MASA KINI DI TRANS TV (Studi Pada Remaja Masjid Nurul Huda di Kelurahan Baqa Kecamatan samarinda seberang)
  • Pengarang (nama mhs): Novita Sari
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa televisi merupakan media yang paling banyak diminati dikalangan masyarakat. Hal ini karena daya tariknya yang bersifat audiovisual dan program acara yang beragam seperti program acara realigi yaitu Berita Islami Masa Kini di Trans TV sebagai program yang meberikan banyak informnasi tentang kehidupan sehari-hari dan dikaitkan dengan alquran dan hadist pemirsa.
    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui motif audiens dalam acara Berita Islami Masa Kini di Trans TV. Penelitian ini menggunakan data primer yaitu data yang diperoleh dari Remaja Masjid Nurul Huda sebagai Key Informan dan Informan melalui wawancara langsung, observasi dan doumen yang berkaitan dan diperlukan dalam penelitian.
    Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian kualitatif, metode penelitian kualitatif sering disebut metode penelitian naturalistic karena penelitiannya dilakukan pada kondisi yang amaliah (natural setting) (Sugiyono, 2014:13). Dengan menggunakan analisis data yang mengacu pada metode Miles dan Huberman yaitu analisis data yang diawali dengan proses pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
    Dari hasil penyajian data yang di peroleh dan penguraian pada pembahasan penelitian ini, diketahui motif yang digunakan Audiens dalam menonton program acara Berita Islami Masa Kini di Trans TV adalah motif informasi, motif identitas pribadi, motif Integrasi dan interaksi sosial, serta motif hiburan
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Motif, Audiens,Program Acara, Televisi
  • NIM: 1002055229
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2010
  • Program Studi: Ilmu Komunikasi
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Hj. Hairunisa, S.Sos., MM & Hikmah, S.Sos., M.A
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Komunikasi
  • Volume: 4
  • Nomor: 1
  • Tahun: 2016
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): Jurnal Ovi (03-01-16-01-43-34).doc (110 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): Jurnal Ovi (03-01-16-01-43-34).pdf (77 kB)