Dunia Komunikasi

Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman
Kampus

PENGARUH BERMAIN GAME ONLINE TERHADAP EFEKTIFITAS BERKOMUNIKASI DALAM KELUARGA DI KELURAHAN SWARGA BARA KOTA SANGATTA KAB. KUTAI TIMUR (Yeny Nabilla Akmarina )

Submitted by: ,
On: Feb 29, 2016 @ 7:04 AM
IP: 180.246.139.92

  • Judul artikel eJournal: PENGARUH BERMAIN GAME ONLINE TERHADAP EFEKTIFITAS BERKOMUNIKASI DALAM KELUARGA DI KELURAHAN SWARGA BARA KOTA SANGATTA KAB. KUTAI TIMUR
  • Pengarang (nama mhs): Yeny Nabilla Akmarina
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Dampak psikis bagi anak yang suka bermain game online adalah sulitnya konsentrasi dan susahnya bersosialisasi. Karena terus-menerus keasyikan main game online bahkan kecanduan, itu akan membuat seorang anak malas bersosialisasi. Tak jarang mereka pun tidak banyak bicara dengan orang tua, bicara hanya seperlunya hanya untuk urusan minta uang dan makan. Rumusan permasalahan adalah untuk mengetahui Pengaruh Bermain Game Online Terhadap Efektifitas Berkomunikasi Dalam Keluarga di Kelurahan Swarga Bara Kota Sangatta Kab. Kutai Timur”.
    Sesuai dengan makna yang terkandung dalam rumusan masalah tersebut, maka tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui apakah ada Pengaruh Bermain Game Online Terhadap Efektifitas Berkomunikasi Dalam Keluarga di Kelurahan Swarga Bara Kota Sangatta Kab. Kutai Timur.
    Tipe penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan analisis data menggunakan SPSS 19.0 dan memperoleh data primer dari wawancara dan kuesioner yang dilakukan kepada 85 responden anak dan orang tua yang berada di kawasan kelurahan Swarga Bara Kota Sangatta Kab. Kutai Timur. Data sekunder didapat dari jurnal dan e-jurnal, sumber tertulis serta online. Berdasarkan hasil penelitian bermain game online berpengaruh terhadap efektifitas berkomunikasi dalam keluarga dan pengaruhnya sebesar 0,7% yang diperoleh dari sub indikator waktu, jenis permainan, keterbukaan, perilaku suportif, perilaku positif, empati dan kesamaan
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Bermain Game Online, Efektifitas Komunikasi, Orang Tua Dan Anak
  • NIM: 1102055026
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2011
  • Program Studi: Ilmu Komunikasi
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Hj. Hairunisa, S.Sos. MM & Hikmah, S.Sos, M.A
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Komunikasi
  • Volume: 4
  • Nomor: 1
  • Tahun: 2016
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): jurnal yeni nabilla fix (02-29-16-07-04-45).docx (45 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): jurnal yeni nabilla fix (02-29-16-07-04-45).pdf (74 kB)