Analisis Framing Berita Persaingan Sepak Bola Antara Real Madrid Dengan Barcelona Di Media Goal.com dan Sport.detik.com (Dwinanda Febriady)
Submitted by: Febriady, Dwinanda
On: Nov 10, 2015 @ 9:21 AM
IP: 36.75.38.180
- Judul artikel eJournal: Analisis Framing Berita Persaingan Sepak Bola Antara Real Madrid Dengan Barcelona Di Media Goal.com dan Sport.detik.com
- Pengarang (nama mhs): Dwinanda Febriady
- Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Artikel ini bertujuan untuk mengetahui konstruksi pemberitaan persaingan klub sepak bola antara Real Madrid dengan Barcelona di media goal.com dan sport.detik.com dArtikel ini bertujuan untuk mengetahui konstruksi pemberitaan persaingan klub sepak bola antara Real Madrid dengan Barcelona di media goal.com dan sport.detik.com dan menyampaikan sebuah peristiwa kepada publik. Metode penelitian ini menggunakan interpretatif kualitatif dengan metode penelitian analisis framing model Robert N. Entman. Fokus penelitian ini adalah framing berdasarkan pada teori yang dikemukakan oleh Robert N. Entman, yaitu seleksi isu dan penonjolan aspek. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis framing model Robert N. Entman dengan empat perangkat yaitu Define Problems, Diagnose Cause, Make Moral Judgement, dan Treatment Recommendation. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa isu yang diangkat kedua media online, goal.com dan sport.detik.com adalah isu rivalitas. Maka dapat disimpulkan bahwa Frame yang dikonstruksi oleh kedua media ini berbeda kepemihakan yakni goal.com membingkai lebih mendukung Real Madrid sedangkan sport.detik.com lebih mendukung Barcelona. Frame ini tidak muncul dengan sendirinya tetapi dikonstruksi oleh media melalui proses gate keeping. Dalam proses inilah nilai-nilai ideologi media dibangunan menyampaikan sebuah peristiwa kepada publik. Metode penelitian ini menggunakan interpretatif kualitatif dengan metode penelitian analisis framing model Robert N. Entman. Fokus penelitian ini adalah framing berdasarkan pada teori yang dikemukakan oleh Robert N. Entman, yaitu seleksi isu dan penonjolan aspek. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis framing model Robert N. Entman dengan empat perangkat yaitu Define Problems, Diagnose Cause, Make Moral Judgement, dan Treatment Recommendation. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa isu yang diangkat kedua media online, goal.com dan sport.detik.com adalah isu rivalitas. Maka dapat disimpulkan bahwa Frame yang dikonstruksi oleh kedua media ini berbeda kepemihakan yakni goal.com membingkai lebih mendukung Real Madrid sedangkan sport.detik.com lebih mendukung Barcelona. Frame ini tidak muncul dengan sendirinya tetapi dikonstruksi oleh media melalui proses gate keeping. Dalam proses inilah nilai-nilai ideologi media dibangun
- Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Framing, Goal.com, Sport.detik.com, berita Persaingan Real Madrid dengan Barcelo
- NIM: 1002055065
- Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2010
- Program Studi: Ilmu Komunikasi
- Sumber tulisan: Skripsi
- Pembimbing: Drs. Massad Hatuwe, M.Si
- Nama eJournal: eJournal Ilmu Komunikasi
- Volume: 3
- Nomor: 4
- Tahun: 2015
- File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): Jurnal ok (11-10-15-09-21-11).docx (47 kB)
- File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): Jurnal ok (11-10-15-09-21-11).pdf (239 kB)