Dunia Komunikasi

Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman
Kampus

Persepsi Ibu Rumah Tangga Tentang Iklan AXE Di RT 51 Kelurahan Sempaja Selatan Samarinda (Aminullah Ramadani)

Submitted by: ,
On: Nov 9, 2015 @ 9:32 AM
IP: 180.248.230.230

  • Judul artikel eJournal: Persepsi Ibu Rumah Tangga Tentang Iklan AXE Di RT 51 Kelurahan Sempaja Selatan Samarinda
  • Pengarang (nama mhs): Aminullah Ramadani
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi ibu rumah tangga tentang iklan Axe versi kencan bidadari di RT 51 kelurahan Sempaja Selatan Samarinda.
    Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan yakni data primer dan sekunder. Data primer merupakan pengambilan data langsung oleh peneliti melalui ibu rumah tangga sebagai informan. Dalam menentukan informan dalam penelitian ini menggunakan Teknik Purposive Sampling.
    Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan oleh peneliti kepada informan, ditafsirkan bahwa persepsi ibu rumah tangga tentang iklan Axe versi kencan bidadari beragam, terbagi menjadi dua bagian, positif dan negatif. Terutama dilihat dari penggunaan model seksi pada jam tayang yang tidak semestinya.
    Indikator-indikator persepsi positif ibu rumah tangga tentang iklan Axe antara lain adalah wanita lebih feminim, cantik,, serta tidak ada pembatasan peran aktif dalam iklan televisi, dan pengulangan iklan pewangi dan deodoran yang menampilkan wanita cantik akan membuat konsumen maupun calon konsumen lebih tertarik serta mudah mengingat produk tersebut. Sedangkan indikator persepsi negatif antara lain adalah waktu penayangan iklan yang bermuatan dewasa di siang hari kurang tepat, adanya eksploitasi sensual (menarik lawan jenis) terhadap model wanita sehingga wanita hanya menjadi obyek seks bagi laki-laki, bias jender yang terdapat dalam iklan tersebut, serta adanya stereotip (prasangka) terhadap model wanita yang digunakan.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Persepsi, Ibu Rumah Tangga, Iklan, Genders
  • NIM: 0802055155
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2008
  • Program Studi: Ilmu Komunikasi
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Inda Fitryarini, S.Sos., M.si, Diah Rahayu, S.Psi., M.Si
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Komunikasi
  • Volume: 3
  • Nomor: 4
  • Tahun: 2015
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): File (11-09-15-09-32-03).doc (110 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): File (11-09-15-09-32-03).pdf (535 kB)