Dunia Komunikasi

Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman
Kampus

MAKNA POSTER PROMOSI SINETRON GANTENG – GANTENG SERIGALA( STUDI ANALISIS SEMIOTIKA OLEH CHARLES S PIERCE ) (HERU PRIBA PERDANA)

Submitted by: ,
On: Aug 25, 2015 @ 4:05 AM
IP: 180.248.252.197

  • Judul artikel eJournal: MAKNA POSTER PROMOSI SINETRON GANTENG – GANTENG SERIGALA( STUDI ANALISIS SEMIOTIKA OLEH CHARLES S PIERCE )
  • Pengarang (nama mhs): HERU PRIBA PERDANA
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): ABSTRAK

    Heru Priba Perdana, NIM. 0802055199. Makna Poster Promosi Sinetron Ganteng-Ganteng Serigala (Studi Analisis Semiotika Charles S Pierce ) yang dibimbing oleh Drs. H.Massad Hatuwe,M.Si selaku pembimbing I dan Sabiruddin, S.Sos.I,M.A selaku dosen pembimbing II.
    Tujuan dari penelitian ini Tujuan yang ingin dicapai peneliti dalam penelitian skripsi ini adalah untuk menunjukan dan memahami makna yang terkandung dalam poster promosi sinetron Ganteng – Ganteng Serigala .
    Penelitian ini di fokuskan Pesan Fasial ( ekspresi wajah), pesan Gestural ( gerakan anggota badan seperti mata dan tangan), pesan Postural ( berkenaan dengan seluruh anggota badan), pesan proksemik (pengaturan jarak dan ruang, mengungkapkan keakraban kita dengan orang lain. ), pesan artifaktual diungkapkan melalui penampilan tubuh, pakaian, dan kosmetik.
    Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif kualitatif dengan teknik analisis data menggunakan analisis semiotika Charles Sander Peirce. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam poster promosi sinetron Ganteng-Ganteng Serigala terdapat tanda-tanda non verbal yang memiliki makna-makna tersendiri. Dalam poster promosi ini terdapat makna pesan verbal tentang visualisasi dari sinetron Ganteng-Ganteng Serigala.
    Dari analisis poster ini diharapkan dapat memberikan pemahaman tentang makna komunikasi yang terdapat dalam sebuah poster promosi sehingga para audience dapat lebih mudah dalam memaknai suatu tanda- tanda non verbal yang terdapat dalam suatu poster dan dapat mencerna pesan positif yang ingin disampaikan oleh pembuat poster kepada audiencenya

  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Analisis semiotika ,makna tanda non verbal, poster promosi Sinetron Ganteng-Gant
  • NIM: 0802055199
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2008
  • Program Studi: Ilmu Komunikasi
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Drs. H.Massad Hatuwe,M.Si & Sabiruddin, S.Sos.I,M.A
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Komunikasi
  • Volume: 3
  • Nomor: 3
  • Tahun: 2015
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): eJournal herupriba fix (08-25-15-04-05-30).doc (107 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): eJournal herupriba fix (08-25-15-04-05-30).pdf (264 kB)