Dunia Komunikasi

Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman
Kampus

HUBUNGAN KOMUNIKASI GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI DI SMU NEGERI 5 SAMARINDA (DEDDY DARMADI)

Submitted by: ,
On: Aug 25, 2015 @ 3:56 AM
IP: 180.248.252.197

  • Judul artikel eJournal: HUBUNGAN KOMUNIKASI GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI DI SMU NEGERI 5 SAMARINDA
  • Pengarang (nama mhs): DEDDY DARMADI
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Abstrak

    Deddy Darmadi, NIM 0802055202. Hubungan Komunikasi Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sosiologi di SMU Negeri 5 Samarinda yang dibimbing oleh Ibu Prof. Dr. Hj. Aji Ratna Kusuma.,M.Si selaku pembimbing I dan Ibu Hj. Hairunnisa S.Sos., MM selaku dosen pembimbing II.
    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat hubungan komunikasi verbal dan non verbal guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran sosiologi di SMU Negeri 5 Samarinda dan apakah hal tersebut memiliki signifikansi atau tidak.
    Penelitian ini menggunakan jenis Kuantitatif Eksplanatif tipe penelitian Asosiasi (Association research). Ada tidaknya hubungan tersebut dihitung berdasarkan koefisiensi korelasi. Sedangkan metode dalam penelitian ini adalah menggunakan populasi siswa-siswi SMU negeri 5 Kelas Xips dan didapat sampel sebesar 67 responden dengan tingkat kekeliruan 10%. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel Probability Sampling dengan tipe sampel acak sederhana. Dalam menganalisis data yang telah dikumpulkan guna menguji hipotesis yang telah ditetapkan sebelumnya, yakni untuk mengetahui apakah ada atau tidak ada hubungan komunikasi guru sebagai variabel X dan prestasr belajar siswa sebagai variabel Y, maka peneliti menggunakan analisis non parametrik dengan menggunakan rumus “Koefisien Korelasi Rank Spearman (rs)”.
    Hasil penelitian yang penulis lakukan di lapangan,untuk variabel komunikasi guru didapat nilai rs hitung sebesar 0,278, nilai rs dan termasuk kategori rendah (dilihat dari tabel interval koefisien pada rentang 0,20-0,399) nilai rs hitung sebesar 0,278, untuk mengetahui signifikan atau tidak menggunakan uji t sehingga diperoleh hasil sebesar 2,2607. Ini menunjukan bahwa harga t hitung lebih besar daripada harga t tabel pada tingkat signifikansi 0,1 serta db= N – 2 (67 – 2 = 65), yaitu 2,2607 > 1,66177. Hal ini menunjukan bahwa adanya hubungan komunikasi verbal dan non verbal guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran sosiologi di SMU Negeri 5 Samarinda.

  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Komunikasi Guru, Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sosiologi
  • NIM: 0802055202
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2008
  • Program Studi: Ilmu Komunikasi
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Ibu Prof. Dr. Hj. Aji Ratna Kusuma.,M.Si & Ibu Hj. Hairunnisa S.Sos., MM
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Komunikasi
  • Volume: 3
  • Nomor: 3
  • Tahun: 2015
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): eJournal deddy darmadi (08-25-15-03-56-55).doc (601 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): eJournal deddy darmadi (08-25-15-03-56-55).pdf (490 kB)