Dunia Komunikasi

Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman
Kampus

PERAN HUMAS PERUSAHAAN X PADA IMPLEMENTASI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DALAM BENTUK COMMUNITY DEVELOPMENT (Studi Kasus kelurahan Prapatan Kec. Balikpapan-Kota, Balikpapan) (Muhammad Arifin)

Submitted by: Arifin, Muhammad
On: Jan 8, 2014 @ 3:32 AM
IP: 202.67.39.22

  • Judul artikel eJournal: PERAN HUMAS PERUSAHAAN X PADA IMPLEMENTASI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DALAM BENTUK COMMUNITY DEVELOPMENT (Studi Kasus kelurahan Prapatan Kec. Balikpapan-Kota, Balikpapan)
  • Pengarang (nama mhs): Muhammad Arifin
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Artikel ini membahas bagaimana peran humas Perusahaan X pada implementasi Corporate Social Responsibility (CSR) dalam bentuk community development (Studi Kasus Kelurahan Prapatan Kec. Balikpapan-Kota, Balikpapan). Perkembangan perusahaan Multinasional telah mempengaruhi perkembangan suatu daerah. Baik secara nasional maupun lokal. Pelaksanaan CSR telah menjadi kebutuhan untuk mendukung kelangsungan dan stabilitas operasional perusahaan maka dari itu csr bukan hanya sekedar kewajiban. Seiring berkembangnya masalah-masalah yang dialami masyarakat seperti polusi, pencemaran, tingkat pengangguran tinggi, csr dirasa sangat penting pelaksanaannya. Hal ini pula yang membuat peran humas menjadi lebih penting sehingga pelaksanaan csr tepat sasaran sehingga perusahaan dan masyarakat mendapat manfaat yang sebesar-besarnya. Salah satu peran humas dalam pelaksanaan csr adalah membentuk forum musyawarah masyarakat sebagai salah satu alat komunikasi yang mendukung sarana komunikasi antara masyarakat, perusahaan dan pemerintah. Melalui forum inilah perusahaan mengumpulkan aspirasi dari masyarakat tentang csr yang diperlukan dan merealisasikannya sesuai dengan standar yang ditetapkan pemerintah dan perusahaan itu sendiri. Beberapa Corporate Social Responsibility dalam bentuk Community Development antara lain bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi dan sosial. Data yang dipersentasikan dalam tulisan ini bersumber dari penelitian lapangan di Samarinda.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Peran Humas, Corporate Social Responsibility, Community Development, MNC.
  • NIM: 0802055034
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2008
  • Program Studi: Ilmu Komunikasi
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Dr. Drs. D.B Paranoan., M.Si – Drs. Sugandhi., M.Si
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Komunikasi
  • Volume: 2
  • Nomor: 1
  • Tahun: 2014
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): eJournal Muhammad Arifin (01-08-14-03-32-20).doc (111 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): eJournal Muhammad Arifin (01-08-14-03-32-20).pdf (74 kB)