Dunia Komunikasi

Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman
Kampus

Analisis Iklim Komunikasi Organisasi Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan di Perusahaan KKV Pentacity Balikpapan (Trifenna Debora Rondonuwu)

Submitted by: Rondonuwu, Trifenna Debora
On: Jun 10, 2025 @ 6:42 AM
IP: 103.89.160.34

  • Judul artikel eJournal: Analisis Iklim Komunikasi Organisasi Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan di Perusahaan KKV Pentacity Balikpapan
  • Pengarang (nama mhs): Trifenna Debora Rondonuwu
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis iklim komunikasi organisasi dalam meningkatkan kinerja karyawan di KKV Pentacity Balikpapan. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode studi kasus. Fokus utama penelitian ini adalah kepercayaan, pembuatan keputusan bersama, kejujuran, keterbukaan, serta perhatian. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tiga cara yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara interaktif melalui model yang dikembangkan Milles dan Huberman dengan tiga langkah utama yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklim komunikasi organisasi yang ada di KKV Pentacity Balikpapan telah cukup baik. Penciptaan iklim komunikasi organisasi untuk meningkatkan kinerja karyawan meliputi kepercayaan, pembuatan keputusan bersama, kejujuran, keterbukaan, serta perhatian. Pembangunan kepercayaan antara karyawan dengan atasan dan antar sesama karyawan dilakukan dengan penciptaan keyakinan dan peningkatan kredibilitas yang didukung oleh pernyataan serta tindakan. Pembuatan keputusan bersama dilakukan dengan pemberian kesempatan berkomunikasi dan berkonsultasi antara karyawan dengan manajemen. Kejujuran diupayakan dengan beberapa cara seperti menciptakan kepercayaan antara karyawan dengan atasan dan sesama karyawan. Keterbukaan dilakukan dengan memberikan kemudahan pada karyawan untuk mendapatkan akses informasi serta menciptakan sistem koordinasi antar karyawan satu departemen dengan lintas departemen. Perhatian dilakukan dengan beberapa cara seperti memberikan motivasi, bertanya kesulitan yang dihadapi saat bekerja, memberikan apresiasi, serta meningkatkan level jabatan karyawan.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Retail, Iklim Organisasi, Kinerja, Karyawan
  • NIM: 1802055094
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2018
  • Program Studi: Ilmu Komunikasi
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Ainun Ni’Matu Rohmah, S.Ikom., M.A
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Komunikasi
  • Volume: 13
  • Nomor: 1
  • Tahun: 2025
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): Debora_Jurnal (06-10-25-06-42-30).pdf (339 kB)