Dunia Komunikasi

Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman
Kampus

Fenomena Fear of Missing Out (FoMo) Dalam Penggunaan Media Sosial Instagram di Kalangan Duta Wisata Kalimantan Timur (Grace Ula)

Submitted by: Ula, Grace
On: Aug 13, 2024 @ 5:54 AM
IP: 114.122.198.133

  • Judul artikel eJournal: Fenomena Fear of Missing Out (FoMo) Dalam Penggunaan Media Sosial Instagram di Kalangan Duta Wisata Kalimantan Timur
  • Pengarang (nama mhs): Grace Ula
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Salah satu akibat dari teknologi yang terus berkembang adalah sindrom Fear of Missing Out (FoMo) yaitu sebuah kondisi seseorang merasakan takut, cemas dan khawatir akan ketinggalan tren yang sedang berjalan sehingga terpacu untuk terus up to date dalam menerima dan memberi informasi agar tidak kehilangan suatu momen tertentu. Duta Wisata sebagai center of attention publik membuat mereka aktif di media sosial terutama yang berhubungan dengan informasi pariwisata dan ekonomi kreatif. Ditambah lagi dengan usia yang memang masuk ke dalam kategori pengguna media sosial terbanyak memberikan peluang besar bagi Duta Wisata Kalimantan Timur untuk terkena sindrom FoMo dengan lebih mudah. Penelitian ini menggunakan teori uses and gratifications dengan metode penelitian kualitatif. Uses and gratifications merupakan sebuah teori yang fokus asumsinya adalah, khalayak aktif dan berorientasi pada tujuan, berinisiatif menghubungkan kepuasan kebutuhan pada media, berkompetensi dengan sumber lain untuk kepuasan kebutuhan, kesadaran dalam menggunakan internet, minat dan motif, sehingga mampu memberikan gambaran mengenai kegunaan, dan penilaian mengenai nilai isi media hanya dapat dilakukan oleh khalayak. Dari penelitian ini didapatkan hasil bahwa Duta Wisata Kalimantan Timur memperlihatkan gejala FoMo, dimana dari kelima asumsi yang didapatkan mengacu pada indaktor dan aspek FoMo. Teori uses and gratifications menjelaskan bahwa semakin seseorang mengerti bagaimana ia menggunakan media sesuai kebutuhannya, maka ia tidak akan dikendalikan media. Dalam penelitian ini kemudian didapatkan hasil sebaliknya, di mana semakin Duta Wisata Kalimantan Timur memahami media, khususnya media sosial Instagram, mereka justru semakin menunjukan gejala FoMo.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): FoMo, Duta Wisata Kalimantan Timur, Uses and Gratifications
  • NIM: 1802055069
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2018
  • Program Studi: Ilmu Komunikasi
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Ainun Ni’matu Rohmah, S.I.Kom., M.A.
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Komunikasi
  • Volume: 12
  • Nomor: 4
  • Tahun: 2024
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): Ejournal_Grace Ula_Ilkom_1802055069 (08-13-24-05-54-20).pdf (161 kB)