Dunia Komunikasi

Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman
Kampus

Pemanfaatan Akun Instagram @pramuka_unmul Sebagai Wadah Kompetisi Online di Masa Pandemi Covid-19 Tahun 2020 (Muhammad Nuzul Saputra)

Submitted by: Saputra, Nuzul
On: Apr 5, 2024 @ 1:03 AM
IP: 182.3.141.228

  • Judul artikel eJournal: Pemanfaatan Akun Instagram @pramuka_unmul Sebagai Wadah Kompetisi Online di Masa Pandemi Covid-19 Tahun 2020
  • Pengarang (nama mhs): Muhammad Nuzul Saputra
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Penelitian berjudul “Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Kompetisi di Masa Pandemi Covid-19” ditulis oleh M. Nuzul Saputra yang dibimbing oleh Ibu Silviana Purwanti S.Sos, M.Si. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pramuka Universitas Mulawarman memanfaatkan Instagram sebagai media kompetisi secara virtual pada penyelenggaraan Virtual Scout Competition (VSC) tahun 2020. dan juga mengetahui bagaimana kekurangan dan kelebihan sosial media Instagram sebagai media kompetisi online. Jenis penelitian ini adalah kualitatif yang menjelaskan secara deskriptif tentang hasil analisis dari pemanfaatan Instagram, kelebihan dan kekurangan dalam pemanfaatannya sebagai media kompetisi online. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara dengan sistem purposive sampling dan studi dokumen yang kemudian dianalisis dengan teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data atau kesimpulan. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa dalam pemanfaatan Instagram sebagai media kompetisi, dibagi menjadi 3 tahap yaitu penyebaran informasi dan pendaftaran dengan unggahan foto pada akun Instagram @pramuka_unmul, pengumpulan karya peserta yang dilakukan pada akun Instagram masing-masing yang kemudian akan diunggah ulang oleh akun @pramuka_unmul, serta penilaian dan pengumuman oleh dewan juri melalui Instastory dan aplikasi Zoom. Kemudian kelebihan Instagram sebagai media kompetisi online yaitu jangkauan yang luas untuk mendapatkan peserta yang banyak agar daya saing kompetisi meningkat. Pengguna Instgram memiliki tingkat popularitas yang tinggi pada kalangan remaja hingga dewasa yang menjadi target peserta kegiata Virtual Scout Competition 2020. Kekayaan fitur yang dimiliki juga merupakan kelebihan Instagram yang efektif digunakan sebagai media kompetisi secara online, sehingga ragam pesan dapat dengan jelas tersampaikan makna dan nilai yang terkandung. Kualitas foto dan video yang di unggah juga sangat baik sesuai dengan kualitas konten asli yang diunggah.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Pemanfaatan Instagram, Media Kompetisi, Kompetisi Online,Pramuka Unmul
  • NIM: 1802055098
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2018
  • Program Studi: Ilmu Komunikasi
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Dr. Silviana Purwanti, S.Sos, M.Si
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Komunikasi
  • Volume: 1
  • Nomor: 1
  • Tahun: 2023
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): M. Nuzul Saputra – Jurnal (04-05-24-01-03-31).docx (95 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): M. Nuzul Saputra – Jurnal (04-05-24-01-03-31).pdf (196 kB)