Dunia Komunikasi

Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman
Kampus

Analisis Semiotika Pesan Moral dalam Video Iklan TrueMove H: Giving di Youtube (Rizky Juna Hidayat)

Submitted by: Juna Hidayat, Rizky
On: Mar 14, 2024 @ 5:13 AM
IP: 182.3.138.193

  • Judul artikel eJournal: Analisis Semiotika Pesan Moral dalam Video Iklan TrueMove H: Giving di Youtube
  • Pengarang (nama mhs): Rizky Juna Hidayat
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pesan moral yang terkandung dalam video TrueMove H: Giving di platform YouTube. Fokus penelitian difokuskan pada pengungkapan tanda-tanda yang muncul dalam setiap adegan, kata-kata, dan suara, termasuk dialog para pemain dan efek suara lainnya. Metode yang digunakan adalah Semiotika Charles Sanders Pierce dengan menggunakan trikotomi ikon, indeks, dan simbol, diikuti dengan penerapan model triadic Pierce, yaitu Tanda, Objek, dan Interpretan. Data dikumpulkan melalui studi literatur, observasi, dan sumber informasi dari video TrueMove H: Giving di YouTube serta sumber internet lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pesan moral yang tergambar dari setiap adegan video tersebut mencerminkan nilai-nilai yang dihargai dalam masyarakat Thailand. Secara khusus, video ini menggambarkan pentingnya tanggung jawab dalam situasi konflik moral, menyoroti empati dan kepedulian sosial melalui tindakan seorang penjual sup yang membantu seorang anak kecil yang mencuri obat untuk ibunya. Solidaritas juga ditonjolkan melalui kerja sama antar individu untuk membantu mereka yang kurang beruntung. Video ini menekankan pentingnya memberikan dukungan dan inspirasi untuk membangun hubungan yang kuat dan menciptakan masyarakat yang harmonis, sesuai dengan nilai-nilai “bunkhun” dalam budaya masyarakat Thailand. Tindakan sukarela Dokter Prajak juga menunjukkan kepedulian sosial yang mencerminkan prinsip- prinsip agama Buddha, seperti pemberian, kebaikan hati, dan belas kasihan, yang menunjukkan dedikasi untuk memberikan manfaat tanpa memperhatikan kepentingan pribadi.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Semiotika, Representasi, Pesan Moral, Video Iklan, Youtube.
  • NIM: 1702055003
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2017
  • Program Studi: Ilmu Komunikasi
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Dr. Silviana Purwanti, S.Sos., M.Si
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Komunikasi
  • Volume: 12
  • Nomor: 2
  • Tahun: 2024
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): eJournal Rizky Juna Hidayat (03-14-24-05-13-57).doc (128 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): eJournal Rizky Juna Hidayat (03-14-24-05-13-57).pdf (486 kB)

Print Friendly, PDF & Email