Dunia Komunikasi

Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman
Kampus

Personal Branding Ganjar Pranowo Melalui Media Sosial Instagram @ganjar_pranowo (Siti Norbela, Hairunnisa)

Submitted by: ,
On: Dec 11, 2023 @ 10:16 AM
IP: 36.85.2.56

  • Judul artikel eJournal: Personal Branding Ganjar Pranowo Melalui Media Sosial Instagram @ganjar_pranowo
  • Pengarang (nama mhs): Siti Norbela, Hairunnisa
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana personal branding Ganjar Pranowo melalui Media Sosial Instagram @ganjar_pranowo. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini berfokus pada konten video, foto, reels, story, dan caption pada akun instagram @ganjar_pranowo yang di dalamnya bertujuan untuk membangun personal branding Ganjar Pranowo sebagai calon presiden Indonesia tahun 2024. Teori yang digunakan adalah Teori Uses and Gratifications serta berkaitan dengan dua dari delapan konsep personal branding oleh Peter Montoya yakni Spesialisasi (The Law of Specialization) yang terdiri dari Kemampuan (ability), Perilaku (behavior), Gaya hidup (lifestyle), dan Misi (mission) dan Konsep Nama Baik (The Law of Goodwill). Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data Miles dan Huberman yakni analsis interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konsep personal branding yang diangkat dalam penelitian ini adalah Spesialisasi (The Law of Specialization) dan Nama Baik (The Law of Goodwill), Ganjar Pranowo telah memiliki dua konsep tersebut dan diterapkan dengan baik sehingga menjadikan Ganjar Pranowo memiliki personal branding yang kuat. Beberapa komentar negatif juga ditemukan dalam unggahan Instagram Ganjar Pranowo, namun komentar tersebut tidak menghambat beliau untuk membangun personal branding yang baik.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Personal Branding, Uses and Gratifications Theory, Instagram
  • NIM: 1902056021
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2019
  • Program Studi: Ilmu Komunikasi
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Hj. Hairunnisa, S.Sos., M.M
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Komunikasi
  • Volume: 12
  • Nomor: 2
  • Tahun: 2024
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): eJournal Siti Norbela (12-11-23-10-16-07).docx (394 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): eJournal Siti Norbela (12-11-23-10-16-07).pdf (470 kB)