KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DALAM PENANGANAN KORBAN BULLYING DI SEKOLAH MTS NURUL ISLAM PALARAN (Dwi Aris Saputra , Rina Juwita , Annisa Wahyuni Arsyad)
Submitted by: Saputra, Dwi Aris
On: Sep 9, 2023 @ 4:54 PM
IP: 36.85.0.131
- Judul artikel eJournal: KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DALAM PENANGANAN KORBAN BULLYING DI SEKOLAH MTS NURUL ISLAM PALARAN
- Pengarang (nama mhs): Dwi Aris Saputra , Rina Juwita , Annisa Wahyuni Arsyad
- Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan bagaimana komunikasi interpersonal antara guru dan siswa dalam penanganan korban bullying di MTs. Nurul Islam Palaran. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan didukung pendekatan femenologi yang berusaha memberikan gambaran dan menganalisa mengenai komunikasi interpersonal guru dan siswa dalam penanganan korban bullying di sekolah MTs. Nurul Islam Palaran. Data dikumpulkan oleh peneliti melalui kegiatan observasi, wawancara, dan dokumentasi yang berkaitan dengan judul penelitian ini. Peneliti menggunakan lima unsur efektivitas komunikasi interpersonal yang sesuai dengan fokus penelitian ini, yakni oppeness, emphaty, suportiveness, positiveness, equality. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukan bahwa komunikasi interpersonal yang dijalankan dengan baik akan mampu menjadi konsep dalam penanganan siswa yang menjadi korban bullying. Namun komunikasi interpersonal antara guru dan siswa dalam rangka penanganan korban bullying di MTs. Nurul Islam Palaran tidak berjalan secara efektif. Hal tersebut disebabkan oleh dua faktor yaitu guru yang belum bisa mengaplikasikan lima unsur keefektifan yang ada dalam komunikasi interpersonal dan karakteristik psikologi individu dari siswa yang cenderung lebih tertutup dan pemalu. Hubungan serta interaksi oleh guru kepada siswa yang masih kurang membuat terhambatnya substansi pesan yang ingin disampaikan guru kepada siswa. Kemudian komunikasi pendidikan yang dilakukan guru kepada siswa dalam memberi pemahaman tentang pengertian bullying masih minim. Sehingga menambah hambatan yang ada dalam mencapai tujuan komunikasi interpersonal yang dapat digunakan untuk penanganan korban bullying.
- Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Komunikasi Interpersonal, Guru, Bullying
- NIM: 1602055069
- Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2016
- Program Studi: Ilmu Komunikasi
- Sumber tulisan: Skripsi
- Pembimbing: Dr, Rina Juwita, S.IP.,MHRIR Annisa Wahyuni Arsyad, S.IP., M.M.
- Nama eJournal: eJournal Ilmu Komunikasi
- Volume: 11
- Nomor: 4
- Tahun: 2023
- File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): JURNAL FIX PUTRA rev 1 (09-09-23-04-54-00).docx (73 kB)
- File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): JURNAL FIX PUTRA rev 1 (09-09-23-04-54-00).pdf (882 kB)