Dunia Komunikasi

Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman
Kampus

Pemanfaatan Media Sosial Instagram Dalam Menciptakan Personal Branding Pada Beauty Vlogger Meyfang (Rizky Meilinda , Silviana Purwanti , Annisa Wahyuni Arsyad)

Submitted by: Meilinda, Rizky
On: Aug 2, 2023 @ 11:49 AM
IP: 36.85.1.200

  • Judul artikel eJournal: Pemanfaatan Media Sosial Instagram Dalam Menciptakan Personal Branding Pada Beauty Vlogger Meyfang
  • Pengarang (nama mhs): Rizky Meilinda , Silviana Purwanti , Annisa Wahyuni Arsyad
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Personal branding di era digital saat ini menjadi hal yang unik dan penting untuk mendapatkan keuntungan bagi dirinya sendiri. Pemanfaatan sosial media instagram sebagai tempat untuk mengenalkan diri melalui konten yang diberikan secara positif tentunya akan diterima dengan baik oleh para Followers-nya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui mengetahui Meyfang sebagai Beauty Vlogger Membentuk Personal Branding di Instagram. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif melalui pengumpulan data yang dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui eytode Miles dan Huberman dengan siklus mulai pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Teori yang digunakan dalam penulisan ini menggunakan teori pembentukan personal branding menurut Haroen, yaitu kepribadian, perbedaan, terlihat, nama baik, kesatuan dan keteguhan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Instagram di manfaatkan Meyfang untuk mendukung proses kegiatan mem-branding personal membentuk citra diri, mampu menciptakan proses public, serta kelebihan yang dimiliki. Kesadaran akan keunikan dirinya dilihat dari konten yang dihasilkan dikemas sesuai dengan karakter yang menonjol agar dpat diterima baik oleh para penonton atau penikmat konten Meyfang. Faktor pendukung lainnya yaitu, jaringan internet dan fitur-fitur Instagram yang tersedia.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Instagram, beauty vlogger, personal branding
  • NIM: 1602055014
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2016
  • Program Studi: Ilmu Komunikasi
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Dr.Silviana Purwanti, S.Sos.,M.Si & Annisa Wahyuni Arsyad, S.IP.,M.M
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Komunikasi
  • Volume: 11
  • Nomor: 4
  • Tahun: 2023
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): Ejurnal Rizky Meilinda 2016 (08-02-23-11-49-15).docx (47 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): Ejurnal Rizky Meilinda 2016 (08-02-23-11-49-15).pdf (182 kB)

Print Friendly, PDF & Email