Dunia Komunikasi

Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman
Kampus

ANALISIS KOMUNIKASI PEMASARAN PRODUK KECANTIKAN SCARLETT WHITENING DI KOTA SAMARINDA (Dina Mariyana, Kheyenne Molekandella Boer)

Submitted by: Mariyana, Dina
On: Jan 26, 2023 @ 9:48 AM
IP: 125.160.114.102

  • Judul artikel eJournal: ANALISIS KOMUNIKASI PEMASARAN PRODUK KECANTIKAN SCARLETT WHITENING DI KOTA SAMARINDA
  • Pengarang (nama mhs): Dina Mariyana, Kheyenne Molekandella Boer
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui komunikasi pemasaran produk kecantikan Scarlett Whitening di Kota Samarinda. Fokus penelitian terdiri dari membangkitkan keinginan produk, menciptakan kesadaran produk, mendorong sikap positif dan mempengaruhi niat membeli, dan memfasilitasi pembelian, iklan yang efektif. Informannya yaitu Owner Taris Room, staf marketing Berlian Indah, staf Apollo, dan masyarakat Kota Samarinda. Teknik analisis data yang digunakan adalah komponen analisis data model interaktif yang dikemukakan oleh Miles, Huberman dalam Sugiyono. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, komunikasi pemasaran produk kecantikan Scarlett Whitening di Samarinda, dari membangkitkan keinginan terhadap kategori produk yaitu memiliki banyak varian produk dan harga produk Scarlett cukup murah. Menciptakan kesadaran merek produk Scarlett yaitu facial wash, hand body, body scrub, cream day, cream night, dan lainnya. Produk Scarlett yang disediakan seperti hand body dan hair treatment, skincare dan body care. Mendorong sikap positif dan mempengarui niat membeli produk Scarlett melalui media sosial dilengkapi informasi, Youtube, Shopee, dan informasi di internet. Membangun kepercayaan konsumen, dilakukan upaya dengan memberikan pelayanan yang ramah dan kejujuran, begitu juga dengan toko Berlian yang melayani konsumen dengan ramah, sabar dan menjawab pertanyaan konsumen dengan sebaik mungkin. Memfasilitasi pembelian, iklan yang efektif melalui Instagram sebagai media promosi produk dan yang paling efektif dalam melakukan promosi. Intensitas promosi Taris Room’s banyak menjual produk. Distribusi produk Taris Room’s bisa 200 sampai 300, sedangkan di Berlian bisa mencapai 40 hingga 70 produk. Media pembayaran di Taris bisa cash dan debit, pembelian online dengan transfer. Sedangkan di toko Berlian bisa menggunakan kartu kredit, QR, OVO, hingga Shoppe Pay. Konten yang diposting dan di toko di media sosial yaitu varian produk, manfaat dan diskon.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Komunikasi Pemasaran. Produk Kecantikan, Scarlett Whitening.
  • NIM: 1502055030
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2015
  • Program Studi: Ilmu Komunikasi
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Kheyenne Molekandella Boer, S.IKom.,M.Ikom
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Komunikasi
  • Volume: 11
  • Nomor: 1
  • Tahun: 2023
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): 0. Jurnal dari Abstrak n isi Dina M. Ilkom. 1502055030 (1) (01-26-23-09-48-44).doc (151 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): 0. Jurnal dari Abstrak n isi Dina M. Ilkom. 1502055030 (01-26-23-09-48-44).pdf (405 kB)