Dunia Komunikasi

Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman
Kampus

Strategi Komunikasi Social Marketing Gerakan Infaq Beras Dalam Meningkatkan Kepercayaan Para Donatur Di Kota Samarinda (Tangkas Khairi, Hairunnisa, Annisa Wahyuni Arsyad)

Submitted by: khairi, tangkas
On: Dec 29, 2022 @ 1:38 AM
IP: 103.147.91.7

  • Judul artikel eJournal: Strategi Komunikasi Social Marketing Gerakan Infaq Beras Dalam Meningkatkan Kepercayaan Para Donatur Di Kota Samarinda
  • Pengarang (nama mhs): Tangkas Khairi, Hairunnisa, Annisa Wahyuni Arsyad
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis sejauh mana tingkat kepercayaan para donatur di Gerakan Infaq Beras Samarinda dari Strategi Komunikasi Social Markerting yang dilakukan oleh pengelola Gerakan Infaq Beras Samarinda. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualititaf. Fokus penelitian ini menggunakan teori dari Strategi Komunikasi dengan melihat sejauh mana Komunikator, Pesan, Media, Penerima, Efek yang berkaitan dengan Social marketing yang di ukur dari Advertising (Paid & Unpaid Public Service Announcement), Public Relations and Special Events, Printed Materials, Special Promotional Items, Signage and Displays, Personal Selling. Hasil Penelitian menunjukan bahwa strategi komunikasi Gerakan Infaq Beras Dalam Meningkatkan Kepercayaan Para Donatur di Samarinda, dari indikator komunikator Gerakan Infaq Beras dalam meningkatkan kepercayaan para donatur di Samarinda adalah Bagian Multimedia yaitu Bapak Heru Setiawan. Pesan yang disampaikan adalah infaq itu mudah, dengan seribu rupiah perhari dan 5 ribu perbulan. Gerakan Infaq Beras Samarinda menggunakan sosial media yaitu whatsapp, Instagram, dan facebook. Sasaran penerima pesan dtentukan yaitu masyarakat yang berkeinginan menjadi donatur. Gerakan Infaq Beras menemukan dampak dari donatur yaitu jumlah donasi bertambah. Social marketing GIB dari indikator Advertising (Paid & Unpaid Public Service Announcement), GIB dalam setiap tahunnya yaitu membuat event/agenda seminar guna untuk meningkatkan kepercayaan dan ketertarikan masyarakat Samarinda. Public Relations and Special Events proses interaksi antara GIB dengan masyarakat dalam menciptakan aktivitas-aktivitas yang dirancang secara khusus dalam rangkaian program kehumasan. Printed materials pengurus GIB yang mana setiap minggunya menerima pesan dan informasi dari pengelola tidak hanya melalui whatsapp, terkadang saya juga membaca postingan dari konten yang mereka bagikan, disosial media lainnya seperti facebook dan Instagram. Special promotional items GIB menjalin interaksi yang baik antara pengurus dengan donatur membuat mereka semakin percaya. Personal selling GIB selalu mengirimkan para donatur pesan-pesan yang berbau agama agar terus berinteraksi secara langsung dengan mereka para donator, sehingga memberikan tingkat kepercayaan yang positif kepada para donatur.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Strategi Komunikasi, Social Marketing, Donatur
  • NIM: 1502055044
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2015
  • Program Studi: Ilmu Komunikasi
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Hj. Hairunnisa, S.Sos., M.M, Annisa Wahyuni Arsyad, S.IP., MM
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Komunikasi
  • Volume: 11
  • Nomor: 1
  • Tahun: 2022
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): 2. Jurnal Tangkas Khairi. Ilkom 1502055044-2 (12-29-22-01-38-48).doc (140 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): 2. Jurnal Tangkas Khairi. Ilkom 1502055044-2 (12-29-22-01-38-48).pdf (158 kB)