Dunia Komunikasi

Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman
Kampus

Penerapan Digital Inbound Marketing sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu PT. Comtelindo Balikpapan dalam Mempertahankan Loyalitas Pelanggan (Athaya Khairunnisa, Finnah Fourqoniah, Hairunnisa)

Submitted by: khairunnisa, athaya
On: Jun 16, 2021 @ 7:22 AM
IP: 125.160.64.246

  • Judul artikel eJournal: Penerapan Digital Inbound Marketing sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu PT. Comtelindo Balikpapan dalam Mempertahankan Loyalitas Pelanggan
  • Pengarang (nama mhs): Athaya Khairunnisa, Finnah Fourqoniah, Hairunnisa
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Saat ini, semua informasi yang ada di dunia ini 95% telah di digitalisasi dan dapat diakses di internet. Hal ini dimanfaatkan oleh para pelaku bisnis dalam menjalankan strategi komunikasi pemasaran untuk menarik maupun mempertahankan pelanggannya. Seperti yang dilakukan oleh PT. Comtelindo Balikpapan, salah satu perusahaan jasa layanan IT di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis penerapan metode Digital Inbound Marketing sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu PT. Comtelindo Balikpapan dalam Mempertahankan Loyalitas Pelanggan. Teori yang digunakan dalam mendukung metode Digital Inbound Marketing adalah Integrated Marketing Communication (IMC) dan Model Komunikasi AIDDA. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Jenis data yang disajikan yaitu observasi dan wawancara menggunakan data primer melalui sumber data key informan dan informan, data sekunder melalui sumber dokumen, e-journal, buku-buku, artikel dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis data kualitatif model interaktif (interactive model of analys) yang dikembangkan oleh Miles & Huberman dengan fokus penelitian 3 elemen Digital Inbound Marketing. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa penerapan metode Digital Inbound Marketing pada PT. Comtelindo Balikpapan dalam mempertahankan loyalitas pelanggannya melalui elemen Attract (menarik perhatian) dengan tools brosur digital, website, sosial media instagram, dan video youtube channel. Kemudian masuk pada tahapan elemen Engage (menjalin ikatan) melalui tools interactive & direct marketing, personal selling, e-mail marketing dan marketing automation. Tahapan yang terakhir yaitu elemen Delight (memberikan pengalaman) dengan beberapa tools yaitu smart content (blogging), survey, review after purchase (testimoni) dan customer reward.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Digital Inbound Marketing, Komunikasi Pemasaran Terpadu, Loyalitas Pelanggan.
  • NIM: 1702055018
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2017
  • Program Studi: Ilmu Komunikasi
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Dr. Finnah Fourqoniah, S.Sos., M.Si & Hj. Hairunnisa, S. Sos., MM
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Komunikasi
  • Volume: 9
  • Nomor: 2
  • Tahun: 2021
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): Jurnal_ilkom_athaya_penerapan_digital_inbound_marketing_1702055018.doc (06-16-21-07-22-41).doc (119 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): Jurnal_ilkom_athaya_penerapan_digital_inbound_marketing_1702055018.pdf (06-16-21-07-22-41).pdf (177 kB)